• Whatsapp
banner 468x60

Masjid di Jakarta yang Gelar Sholat Idul Fitri

JAKARTA, KANALPK – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah resmi menetapkan hari raya Idul Fitri atau Lebaran jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Perayaan Lebaran di tengah Pandemi virus corona atau Covid-19, membuat sejumlah Masjid di DKI Jakarta tidak menggelar pelaksanaan Sholat Idul Fitri (Ied). Salah satunya adalah Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Pembatalan tersebut demi kepentingan masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona. Namun, benerapa Masjid tetap melaksanakan Salat Id dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dari pantauan www.kanalpk.com dilapangan,ada beberapa mesjid di DKI yang tetap menggelar sholat Id.

Di antaranya adalah, Masjid AT TAQWA pasar Minggu yang tetap menggelar Sholat Ied bagi umat Islam. Pelaksanaan ibadah bakal dilakukan didalam dan lapangan.

Kemudian, Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) juga tetap mengadakan Salat Id berjamaah. Nantinya dalam pelaksanaan bakal diperhatikan soal kapasitas jemaah yang hadir.

Kemudian, Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, Cengkareng, Jakarta Barat juga bakal menggelar Shalat Idul Fitri.

Lalu, Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat juga tetap mengadakan Salat Idul Fitri dengan penerapan protokol kesehatan yang ekstra ketat bagi para jemaahnya.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal Jakarta batal menggelar shalat Idul Fitri 1442 hijriah. Imam Besar Istiqlal, Nasaruddin Umar mengingat kasus pandemi Covid-19 belum usai maka dari itu Masjid Istiqlal kita tutup untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

“Setelah kami menganalisis perkembangan di internal dan eksternal Istiqlal, maka kami memutuskan di dalam pertemuan rapat kami tadi. Istiqlal kita tutup untuk tidak menyelenggarakan Idul Fitri,” tutur Nasaruddin dalam jumpa pers di pintu VVIP Al-Malik Masjid Istiqlal,kemarin.

Semua mempertim bangkan banyak hal untuk menggelar shalat Idul Fitri. Adapun yang pertama mengingat perkembangan kasus Covid-19 yang belum menunjukkan tanda yang lebih baik.

Sejumlah tempat terbuka di Jakarta menjadi lokasi sholat Idul Fitri 1442 H, seperti yang tercantum dalam Surat Edaran Kementrian Agama No 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Sholat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat Pandemi Covid. Dalam aturan ini dijelaskan bahwa tidak seperti tahun lalu, Shalat Idul Fitri di luar ruangan (seperti di Lapangan atau Masjid) tidak akan dilarang.(BURHANUDDIN/MULYADI)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60