3 Tersangka Kasus Tanah Munjul,Di Tetapkan KPK

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA-KANALPK

Akhirnya pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tiga tersangka kasus lahan tanah munjul,termasuk mantan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya, Yoory Corneles Pinontoan.

Sementara Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto membenarkan pihaknya sudah menetapkan tiga tersangka terkait dengan kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

“Yang sudah ditetapkan tiga orang, ya. Yoory,” ucap Karyoto dalam jumpa pers di Kantornya, Jakarta, Selasa (6/4) kemarin kepada wartawan.

Dalam kasus lahan tanah Munjul keterlibatan pengusaha Rudy Hartono dalam kasus pengadaan tanah tersebut. Jenderal bintang dua itu menyatakan Rudy masih berstatus sebagai saksi.

Puhak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah mengumpulkan dan memperkuat bukti terkait kasus pengadaan tanah tersebut. Sejumlah saksi sebelumnya pun sudah dilakukan pemeriksaan tersangka Yoory.

Sementara itu,sampai saat ini kantor PT Adonara Propertindo, Gedung Sarana Jaya, serta rumah kediaman dari sejumlah pihak yang terkait dengan perkara ini pun sudah digeledah oleh penyidik lembaga antirasuah. Sejumlah dokumen berhasil diamankan untuk selanjutnya dianalisis agar bisa dilakukan penyitaan dengan seizin Dewan Pengawas KPK.

Pihak penyidik akan mengumpulkan dan memperkuat alat bukti terkait perkara. “Untuk itu, kami akan terus lakukan pengumpulan bukti dan mengkonfirmasi pada pihak-pihak yang akan kami panggil dan periksa sebagai saksi,”tuturnya.

Usai kasus mencuat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot jabatan Yoory. Anies kemudian menunjuk Direktur Pengembangan Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Indra Sukmono Arharrys sebagai pelaksana tugas dirut Pembangunan Sarana Jaya.

KPK sendiri telah menyurati Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM perihal permohonan pencegahan bepergian ke luar negeri terhadap para tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

Pihak Komisi Pemberantas Korupsi akan terus mengungkap kasus lahan tanah Munjul,dan siapa saja yang terlibat dan menjadi tersangka baru.(SHELLA/BURHANUDDUN)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60