Ada 100 Titik Tambang Batu Bara Ilegal di Kukar Kaltim,CIC Minta Bareskrim Mabes Segera Tutun Kekaltim

  • Whatsapp
banner 468x60

KUKAR-KANALPK

Dewan Pimpinan Pusat Corruption Investigastion Committee (CIC) meyakini jumlah tambang ilegal batu bara di Kaltim jauh lebih banyak dari data yang dipaparkan Kementerian ESDM yang jelas yakni 100 lokasi ilegal di Kukar Kaltim.

meyakini sebaran titik lokasi Penambangan liar tanpa izin (PETI) alias tambang ilegal batu bara di Kukar jauh lebih besar dari data Kementerian ESDM. Apalagi di tengah kenaikan harga batu bara yang sudah tembus US$ 200 per ton.

Berdasarkan data Kementerian ESDM jumlah penambangan ilegal batu bara mencapai 96 titik dari total 2.741 titik, lokasi tambang ilegal. Koordinator Jatam, Merah Johansyah menilai jumlah tersebut terlalu kecil. Sebab, di Kutai Kartanegara saja jumlah tambang ilegal batu bara diprediksi sudah mencapai 100 titik.

Menurut R.Bambang.SS Ketua Umum CIC dalam keterangan persnya,
“Kutai Kartanegara prediksi kami 100 titik. Di Kalimantan Timur tidak hanya Kutai Kartanegara tapi juga ada di Samarinda. Jadi angka 96 yang dikeluarkan Kementerian ESDM itu jauh sekali,” ujar R.Bambang.SS kepada wartawan Minggu (17/10/2021) di Kukar.

CIC memprediksi penambangan batu bara ilegal di Kaltim akan semakin menggila kedepannya. Mengingat, permintaan dari negara kawasan Eropa, serta Tiongkok mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Terutama seiring dengan masuknya musim dingin dan mulai bangkitnya industri-industri di Tiongkok.

“Jadi kita sarankan Kabareskrim Mabes Polri turun ke lapangan. Lihat di sini, di Kalimantan Timur kayak gak ada hukum mereka (penambang ilegal) lewat lewat aja,” ungkap Ketua Umum CIC.

Padahal aktivitas penambangan ilegal cukup memberi dampak signifikan bagi negara. Kegiatan tambang ilegal tak berizin itu membuat negara kehilangan penerimaan.

“Mengapa PETI terus menjamur salah satunya adalah kesalahan semua pihak.Semua pihak berkontribusi, semua itu termasuk oknum petugas, oknum pejabat dan oknum aparat yang seharusnya meniadakan peti malah terlibat,” katanya.

R.Bambang.SS Ketua Umum, mengingat pelaku tambang ilegal sudah menjamur dan menggurita, maka salah satu jalan untuk memberantasnya yakni melalui sebuah gerakan yang dinamakan people power. Pasalnya, sudah beberapa puluh tahun hingga beberapa regulasi dibuat pelaku PETI masih saja ada.

“Mari jadikan gerakan pemberantasan peti ini sebagai people power. kaum milenial yang berpendidikan, LSM mari kita jadikan kesempatan ini untuk menggerakan komponen bangsa menumpas PETI karena merugikan negara dan merusak lingkungan,” ungkapnya.

Izin Pertambangan Rakyat alias IPR merupakan izin untuk melakukan usaha pertambangan dalam wilayah pertambangan rakyat dengan luas terbatas dan investasi terbatas. Sehingga jika dilihat dari kriteria, maka PETI tidak memenuhi karakteristik sebagai IPR.

“Pertambangan rakyat memiliki karakteristik sebagai IPR, memiliki izin resmi dari pemrintah, memegang IPR berkewajiban mengeloal lingkungan dan keselataman, berkjibaan iuran pertambanag rakayat dalam rnagka pemulihan lingkungan,” pungkasnya.

CIC meminta Kabareskrim segera ke lapangan,demi mencegah kerugian negara,dan CIC Siap memberikan dukungan Kebareskrim Mabes Polri,serta memberikan data kordinat tambang ilegal di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. (H.Andi Haris/Burhanuddin)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60