Andi Kusuma SH.MH,Menyebut Polisi Wajib Melindungi Dan Mengayomi Masyarakat

  • Whatsapp

JAKARTA-KANALPK

Pakar hukum Andi Kusuma.SH.MH menyebutkan,tugas Polri dalam mengayomi dan melindungi masyarakat tertuang dalam UUD 1945 Pasal 30 ayat (4) di jelaskan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.

Dia menekankan agar institusi Kepolisian benar-benar melakukan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. Ia menilai saat ini tugas perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat belum maksimal, sehingga ia berharap di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bisa memaksimalkan dua kewajiban tersebut,dan kepolisian harus bisa menerima segala bentuk laporan dari masyarakat dan permintaan bantuan dari kepolisian dari masyarakat jika terjadi tindak kriminal di lingkungan masyarakat.

Andi Kusuma.SH.MH mengatakan,‚ÄúTugas Kepolisian memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat, tapi faktanya banyak sekali anggota polisi yang tidak melindungi masyarakat, misalnya ikut dalam penanganan kasus-kasus tindakan sekelompok premanisme yang belum jelas asal-usulnya, ikut dalam kasus-kasus perampasan hak masyarakat secara ilegal yang merugikan masyarakat,” tegas Andi Kusuma SH.MH kepada awak media di, Jakarta, Sabtu (18/12/2021).

Selain itu ia menilai, dalam penanganan kejahatan luar bisa, institusi Kepolisian belum memiliki agenda yang tajam. Dia mempertanyakan kepada Kapolri , apa solusi untuk mengatasi tantangan tersebut, terlebih lagi luasnya wilayah NKRI dengan pulau-pulau yang ada tentu menjadi tantangan tersendiri bagi polisi.

Andi Kusuma.SH.MH,masih banyak di tingkat Kapolda,Kapolres dan Polsek belum maksimal menjalankan fungsinya dalam menerima laporan dari masyarakat
,bahkan banyak laporan masyarakat diabaikan,untuk itu Kapolri harus lebih tegas menindak jajaranya yang tidak melaksanakan tugasnya dalam melindungi dan mengayomi masyarakat.

Pakar hukum dari Kepri Andi Kusuma.SH.MH memaparkan,Berkaitan dengan kejahatan-kejahatan luar biasa kami belum menemukan agenda yang lebih tajam, untuk menangani kasus-kasus terorisme, radikalisme, narkotika, dan illegal logging, illegal mining, kasus kejahatan lingkungan premanisme. Seperti apa solusi Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kedepanya” ujar Andi Kusuma.SH.MH.

Andi Kusuma juga mengharspakan tentang netralitas Polri dalam agenda politik nasional. “Tugas bapak sebagai pimpinan paling tinggi di isntitusi kepolisian adalah menjamin netralitas intitusi ini utamanya dalam agenda politik, Pemilu, Pilpres, Pilkada tahun 2024 agar menjamin, misalnya tadi Babinkamtibnas di desa-desa tidak mejadi alat pembacking kelompok peremanisme dan alat politik tertentu untuk mensukseskan parpol tertentu dalam Pemilu nantinya,” ungkap Andi Kusuma.

(R.BAMBANG.SS)

Related posts