Breaking News Ketua Umum CIC Kerja Jurnalistik Dilindungi Undang Undang

  • Whatsapp

MEDAN-KANALPK

Ketua Umum CIC R.Bambang.SS mengingatkan,KERJA para jurnalistik para wartawan secara hukum dilindungi UU Pers Nomor 40 Tahun 1999. Karena itu, upaya menghalangi kerja jurnalistik bisa saja dipidanakan.

Hal itu diungkapkan R.Bambang.SS yang juga seorang wartawan, terkait informasi adanya intervensi dalam hal peliputan kasus pembunuhan di Kupang NTT,dimana saat wartawan akan meliput jalannya rekontruksi oleh pihak kepolisian,oleh oknum polisi gihalangi,jelas ini melanggar UU Jurnalistik.

Ketua Umum CIC menegaskan,”Dari sudut pers, tidak boleh pihak manapun menghalangi kerja jurnalistik, tanpa terkecuali. Termasuk meminta untuk tidak menyebarkan berita dari pihak yang bisa dipertanggungjawabkan,” ungkap R.Bambang.SS via telpon selulernya Selasa (21/12/2021).

Sebelumnya Ketua Umum CIC yang juga seorang Jurnalis menyatakan jangan ada pihak-pihak yang berusaha mengintervensi dan menghalangi tugas seorang wartawan dalam pemberitaan, peliputan terkait kasus pembunuhan di Kupang NTT.

R.Bambang.SS memaparkan,”Dalam UU Pers: Pasal 18 Sebut Orang yang Menghambat dan Menghalangi Kerja Wartawan Dapat Dipidana,dan mengutuk keras tindakan menghalangi disertai pengusiran terhadap salah satu wartawan media online maupun elektronik dan cetak pada saat peliputan rekontruksi kasus pembunuhan di Kupang NTT,”ungkapnya.

Menurut R.Bambang.SS Ketua Umum CIC, tindakan menghalangi kegiatan jurnalistik jelas diatur di dalam UU Pers No 40 Tahun 1999 pada Pasal 18 Ayat (1) yang menyebutkan, bahwa setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah).

Sangat jelas bahwa wartawan dalam melaksanakan tugasnya dilindungi UU Pers No 40 Tahun 1999,” sebut R.Bambang.SS, seraya menyatakan pihaknya akan membentuk tim terkait kejadian tersebut dan melaporkan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar segera menindak oknum polri yang menghalangi tugas seorang wartawan.

Lebih lanjut, R.Bambang.SS juga mengimbau kepada rekan-rekan wartawan agar selalu mengedepankan etika sopan santun dalam melaksanakan tugas profesinya sebagaimana diatur di dalam Kode Etik Jurnalistik serta professional.

(JUPITER SEMBIRING)

Related posts