CIC Apresiasi Langkah Tegas Jaksa Agung Copot Jajarannya

  • Whatsapp
banner 468x60

TG.PINANG-KANALPK

Dewan Pimpinan Pusat Corruption Invastigation Commiittee (CIC) apresiasi langkah Jaksa Agung RI ST Burhanuddin mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk selalu menjaga integritas.Pasalnya, dia menyebut bahwa Kejaksaan tidak butuh jaksa yang pintar melainkan butuh jaksa dengan integritas yang baik.

Disisi lain,Jaksa Agung RI Burhanuddin juga tidak segan untuk mempersilakan kepada anak buahnya untuk mengundurkan diri jika tidak mau berubah.

CIC Berharap itu bukan sebagai “isapan jempol” belaka atau hanya sekedar “gertak sambal”.

Ketua Umum CIC R.Bambang.SS mengutarakan,”Langkah ST Burhanuddin Jaksa Agung memberikan keputusan terberat dari seorang pimpinan ialah ketika harus menghukum anak buahnya sendiri. Namun demi menjaga marwah Korps Adhyaksa, dia mengaku lebih baik kehilangan anak buah yang buruk untuk menyelamatkan institusi,”ujar R.Bambang.SS kepada awak media Selasa (2/11/2022) di Tanjung Pinang.

Lebih lanjut,R.Bambang.SS meminta Jaksa Agung harus mengingatkan anak buahnya untuk tetap mewaspadai fenomena corruptors fight back.

CIC menilai keberhasilan Kejaksaan dalam menangani kasus-kasus besar tentu telah meningkatkan kepercayaan publik.

Namun demikian, tetap ada pihak-pihak yang tidak senang dan merasa terganggu atas torehan prestasi tersebut.

Ketua Umum CIC mengungkapkan,”Jaksa Agung harus bisa memulihkan marwah Kejaksaan, dan salah satu faktor utamanya adalah dengan meningkatkan integritas. Oleh karenanya dalam berbagai kesempatan CIC menegaskan pentingnya integritas pada setiap insan adhyaksa.

Dalam upaya memulihkan marwah Kejaksaan, sangat disayangkan masih ditemukannya oknum aparat penegak hukum yang menyalahgunakan jabatan dan kewenangannya.

Ditambahkan R.Bambang.SS,”Perlu ketahui, keputusan terberat yang diambil oleh seorang pimpinan adalah ketika harus menghukum anak buahnya. Namun, yang lebih baik,seorang pemimpin kehilangan anak buah yang buruk untuk menyelamatkan lembaganya atau institusinya,”ungkap Ketua Umum CIC.

Selain itu masih ditemukan satuan kerja yang tidak memiliki produk penyelidikan.

Sementara itu,Jaksa Agung ST Burhanuddin mengingatkan, bahwa aparatnya hanya memiliki waktu sampai dengan Rakernas tahun 2021, begitu juga kepada satuan kerja yang baru memiliki 1 (satu) produk agar ditambah sesuai dengan alokasi anggaran yang tersedia, serta kepada satuan kerja yang sedang menangani penyidikan agar segera ditingkatan ke tahap penuntutan.

“Tolong saudara ingat, bahwa tahun lalu saya telah mengevaluasi setiap kepala satuan kerja yang berkinerja kurang maksimal. Sekali lagi saya ingatkan bahwa ini bukan targeting!, Tetapi saya yakin belum ada daerah yang bersih dari korupsi, kecuali saudara mampu membuktikan sebaliknya kepada saya,” tegas Jaksa Agung ST. Burhanuddin.

(Jupiter Sembiring/Burhanuddin)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60