CIC Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

  • Whatsapp
banner 468x60

TANJUNG PINANG-KANALPK

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2021 “Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi” akan diselenggarakan secara virtual pada hari Rabu 24 November 2021 di Jakarta. PTBI 2021 akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo. Pada kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia akan mengupas tuntas prospek perekonomian dan arah kebijakan 2022. PTBI 2021.

Badan Layanan Umum (BLU) merupakan agensi atau penyedia layanan publik yang harus menjaga keseimbangan antara kemampuan masyarakat dan kualitas layanan serta kemampuan untuk menciptakan kesempatan akses (inklusivitas), terutama di bidang pendidikan dan kesehatan yang merupakan bidang fundamental. Demikian diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Koordinasi (Rakor).

Mawardi Direktur UKM Bina Usaha DPP CIC mengatakan,”Di bidang pendidikan jumlahnya 101 perguruan tinggi, hanya 1,78% dari seluruh perguruan tinggi Indonesia, tetapi mendidik 1,5 juta mahasiswa atau 18,9% dari seluruh mahasiswa. Di bidang ekonomi, membantu UMKM yang terpukul akibat pandemi Covid, yaitu LPDB yang membantu 1,2 juta UMKM dan PIP yang memberikan dukungan kepada 3,4 juta usaha Ultra Mikro. Dari 2010 hingga 2019, PNBP BLU tumbuh 21,4%, lebih tinggi dari pertumbuhan PNBP jenis lainnya. Ini menunjukkan kemandirian BLU dalam membiayai operasionalnya, meskipun kita tetap menjaga agar tidak terjadi komersia
lisasi,”ujar Mawardi kepada wartawan Jumat (26/11/2021) di Tanjung Pinang.

Mawardi menegaskan,bahwa pandemi COVID-19 harus menjadi pembelajaran untuk dapat segera melakukan adaptasi. Terlebih, layanan kepada masyarakat tidak boleh terputus dan justru makin diandalkan sehingga kecepatan pelayanan harus ditingkatkan dengan tetap menjaga akuntabilitas.
BLU kesehatan seperti RS menjalankan program perawatan dan edukasi untuk mendukung percepatan penyelesaian pandemi. BLU pendidikan memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan baik untuk menjaga kualitas SDM Indonesia agar tetap unggul dan berdaya saing.

BLU dapat bersinergi untuk memberikan layanan publik terbaik yang affordable, available, dan sustainable dalam mendukung social safety net dan pembangunan infrastruktur dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Sinergi antar-BLU juga dapat diwujudkan dalam bentuk sharing BLU dapat bersinergi untuk memberikan layanan publik terbaik yang affordable, available, dan sustainable dalam mendukung social safety net dan pembangunan infrastruktur dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Sinergi antar-BLU juga dapat diwujudkan dalam bentuk sharing ekonomi yang efisien dalam menyikapi tekanan ekonomi akibat pandemi ekonomi yang efisien dalam menyikapi tekanan ekonomi akibat pandemi.

“Sharing ekonomi ini dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk sebagaimana diuraikan oleh Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto. “Selama masa pandemi, BLU dituntut mampu memberikan extra effort dan inovasi untuk penanganan pandemi Covid-19. BLU juga didorong mampu memberikan pengembangan layanan dengan pembiayaan alternatif, link and match dengan kebutuhan industri, dan optimalisasi aset. Selain itu, mewujudkan digitalisasi layanan dengan economic sharing, baik virtual account, market
place, serta pembayaran dengan digital money (QR Code),”tegas Mawardi.

Direktur UKM Bina Usaha DPP CIC menambahkan,”Langkah-langkah extraordinary yang dilakukan BLU harus fokus pada layanan masyarakat, sejalan dengan arahan Presiden bahwa pengelolaan BLU harus mengedepankan kualitas pelayanan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat,”pungkas Mawardi.
(Cecep)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60