CIC Dukung Upaya Polri Pemberantasan Korupsi, Meminta Semua Penggiat Anti Korupsi Jangan Saling Memojokan

  • Whatsapp

MEDAN-KANALPK

Dewan Pimpinan Pusat Corruption Investigastion Commiittee (CIC) mendukung sepenuhnya Polri dalam segala bentuk upaya pemberantasan korupsi,serta mengajak rekan penggiat anti korupsi mendukung langkah ini,bukan sebaliknya kita saling menyudutkan. Karena masalah pemberantasan korupsi bukan tanggung jawab penegak hukum saja,melainkan tanggung jawab kita bersama sebagai anak bangsa.

Sebagai penyidik utama di Indonesia, Polri pun bekerjasama secara erat bersama dengan penegak hukum lainnya,Kejaksaan KPK serta ormas penggiat anti korupsi, mengingat semuanya adalah dua sayap, maka tidak bisa Polri bekerja sendiri dengan tidak merangkul seluruh unsur eleman masyarakat.

Wakil Ketua Umun CIC DJ Sembiring Menegaskan,” CIC men-support sepenuhnya aktivitas antikorupsi yang dilakukan Polri,dimana Polri baru saja membentuk Kortas Tipikor yang diisi para mantan penyidik di KPK, ini merupakan komitmen Polri dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia ini menunjukan komitmennya terkait kesamaan frekuensi (untuk pemberantasan korupsi),” ujar DJ Sembiring kepada wartawan Selasa (21/12/2021) di Medan.

Adapun pekerjaan rumah selanjutnya, terkait bagaimana membuat lembaga antikorupsi tetap transpean dan akuntabel. Wakil Ketua Umum CIC itu menilai, saat ini Polri sudah menjadi best practice atau menjadi salah satu rujukan dunia, sebagaimana terjadi dalam periode tahun 2012 hingga 2014. Sejumlah negara seperti Brazil dan Malaysia bahkan menjadikan seluruh penegak hukum sebagai salah satu referensi dalam membangun dan mengembangkan lembaga antikorupsi di negaranya masing-masing.

DJ Sembiring,
memaparkan bahwa KPK secara konstitusional sesuai Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 bertugas untuk melakukan tindakan pencegahan, koordinasi dengan instansi berwenang melaksanakan pemberantasan tindak pidana korupsi (tipikor) dan instansi pelayanan publik. Selain itu, KPK juga memonitor penyelenggaraan pemerintahan negara, juga melakukan supervisi, penyelidikan, penyidikan dan penuntutan tipikor, serta melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap,begitu pula yang diharapkan publik terhadap Kepolisian agar tetap pada komitmennya dalam penegakan hukum, karena Polri adalah pengayom masyarakat.

Wakil Ketua Umum DJ Sembiring mengungkapkan,”Strategi saat ini adalah pendidikan yakni agar orang tidak ingin korupsi, pencegahan supaya orang tidak bisa korupsi), dan penegakan hukum dengan sasaran orang takut untuk korupsi). CIC mengharapkan Polri berperan dalam pemberantasan korupsi, termasuk mengatur kelembagaan, tugas dan wewenang lembaga pemberantasan korupsi, mengatur definisi dan sanksi tipikor dalam hukum pidana dengan memperhatikan keselarasan dengan penegakan hukum ,”tegasnya.

Sebagai gambaran, korupsi yang terjadi di Indonesia rata-rata bersifat struktural. Sabanyak 85 persen secara pendidikan, alumni Strata 1. Pahadal semestinya, semakin tinggi pendidikan, semakin tinggi etis dan integritas. Tapi nyatanya,CIC menilai kejahatan korupsi terjadi di kalangan mereka yang memiliki akses pendidikan.

(BURHANUDDIN)

Related posts