CIC Komitmen Berantas Korupsi Secara Terintegrasi Diseluruh Provisi, Kab/Kota Di Indonesia

  • Whatsapp

MEDAN-KANALPK

Dewan Pimpinan Pusat Corruption Investigastion Commiittee (CIC) mengajak seluruh DPW serta DPD CIC berkomitmen pemberantasan korupsi terintegrasi bersama para penegak hukum,Polri,
Kejaksaan serta Komisi Pemberantas
an Korupsi (KPK).

Komitmen ini dilakukan CIC dalam Rakor Sinergi membantu penegak hukum dalam upaya Pemberantasan Korupsi pada Pemerintah Daerah di Provinsi,Kabupaten serta Pemerintahan Kota diseluruh tanah air.

Menurut Ketua Umum CIC R.Bambang.SS berinisiatif meminta seluruh DPW serta DPD untuk menguatkan kembali komitmen pemberantasan korupsi di daerah. Mengawali tahun 2022, perlu diingatkan DPW dan DPD CIC perlu menyusun strategi pemberantasan korupsi. Terlebih akan datang Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Ketua Umum CIC R.Bambang.SS menegaskan,”Saya mem8nta semua DPW dan DPD CIC sehubungan dengan semester pertama program kinerja CIC yang kini telah selesai tahun 2021 dan masuk di tahun 2022 untuk semester ke dua, sehingga banyak kepala daerah baru yang butuh penguatan terkait strategi pemberantasan korupsi,”tutur R.Bambang.SS kepada awak media Selasa (28/12/2022) di Medan.

Ketua Umum CIC menjelaskan, DPW dan DPD CIC didaerah memiliki dua tugas utama dalam otonomi daerah. Pertama, urusan internal DPW provinsi sebagai kepanjangan tangan Dewan Pimpinan Pusat CIC . Kedua, bertanggung jawab membina DPD CIC di wilayah masing masing dalam upaya pemberantasan korupsi dan membatu penegak hukum.

Dalam pembinaan yang dilakukan atas asistensi para penegak hukum, baik Polri,Kejaksaan serta KPK, sejauh ini ada pencapaian menggembirakan dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Namun, tidak dipungkiri tak sedikit kasus korupsi terungkap di Nusantara bahkan melibatkan kepala daerah,Menteri serta oknum penegak hukum.

“Ada hasil pencapaian yang sudah dilakukan CIC,akan tapi di sisi lain juga masih banyak kasus korupsi yang belum terungkap,Mudah-mudahan CIC dan DPW serta DPD di daerah tahun ini lebih baik dalam upaya penyelenggaraan pemberantasan korupsi sehingga kualitas pelayanan publik bisa jauh lebih maksimal,” ungkap Ketua Umum CIC R.Bambsng SS.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Umum CIC DJ Sembiring mengatakan,”Dengan begitu, masyarakat tetap percaya kepada penegak hukum dan optimis bahwa sistem pemberantasan korupsi di Indonesia semakin baik dari waktu ke waktu, “Media juga tolong beritakan pencapaian edukasi dan pencegahan ini, jangan hanya penindakan saja,” pinta Wakil Ketua Umum CIC DJ Sembiring.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum CIC DJ Sembiring, mengingatkan pemberantasan korupsi tanggung jawab kita bersama, aparatur pemerintah daerah, pusat, hingga masyarakat. “Semua harus andil dalam rangka pemberantasan korupsi,” katanya.

Dalam pemberantasan korupsi, CIC ada beberapa strategi dan perlu dikembangkan di daerah, CIC melakukan penyuluhan kepada masyarakat dengan sasarannya adalah jejaring pendidikan, pencegahan kepada calon dan aparatur negara, para politisi, penyelenggara negara, serta para pengusaha.

Penyuluhan pendidikan kepada masyarakat ini kita ingin supaya orang tidak mau melakukan korupsi karena sadar akan bahaya dan sebab korupsi. Korupsi adalah kejahatan, bukan hanya melanggar hukum dan merugikan keuangan negara, tapi jauh dari itu korupsi merampas hak kita semua.

DJ Sembiring juga minta kepala DPW serta DPD CIC daerah untuk memperbaiki sistem pemerintahan dan menjauhi kontak fisik dalam hal perizinan. Dengan demikian tidak akan ada peluang untuk korupsi. Apabila kedua strategi tersebut masih saja terjadi praktik korupsi, maka CIC tidak segan melakukan strategi lain yaitu melaporkan temuan kepada penegak hukum,Polri,Kejaksaan serta KPK.

(BURHANUDDIN)

Related posts