CIC Mengapreasiasi Menteri Sofyan Djalil Biaya BPHTB di Seluruh Indonesia Gratis

  • Whatsapp

JAKARTA-KANALPK

Dewan Pimpinan Pusat Corruption Investigastion Commiittee (CIC) Mengapreasiasi langkah Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR / Kepala BPN) Sofyan A Djalil yang telah mengusulkan agar BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) kepada masyarakat gratis guna mempermudah rakyat. Hal ini bertujuan mendukung pembangunan daerah.

Wakil Ketua Umum CIC DJ Sembiring menegaskan,” Langkah ini sangat diharapkan ole masyarakat,untuk itu himbau Menteri ART/BPN Sofyan Djalil sangat tepat kepada gubernur walikota, bupati agar dapat membebaskan BPHTB atau mengurangi BPHTB sehingga dengan demikian program perserikatan ini menjadi lebih mudah,” ujar DJ Sembiring Sabtu (12/12/2021) kepada wartawan di Jakarta.

CIC juga juga mengapresiasi daerah yang menggratiskan atau mengurangi biaya BPHTB sehingga tidak membebani masyarakat.

“CIC Saya menghargai pendaftaran BPHTB yang sudah di Gratiskan, CIC menilai, kebijakan itu sangat bagus, karena kalau tidak membebaskan Masyarakat tetap tidak mensertipikat
kan tanahnya, sehingga masyarat tidak pernah meliki sertifikat tanah mereka,”ungkap Wakil Ketua Umum CIC DJ Sembiring.

Salama ini banyak terjadi,dimana sulitnya untuk mensertifikasi tanah meski dengan dukungan dari kebijakan pemerintah.

Bahwa di lingkungan kerja BPN masih ada oknum-oknum mafia tanah yang meresahkan masyarakat.

DJ Sembing menyebutkan, oknum-oknum ini menjalankan berbagai macam peran di lingkaran mafia tanah, mulai dari membuat salinan girik, membuat surat keterangan tidak sengketa.

Termasuk, membuat surat keterangan tanah lebih dari satu kepada beberapa pihak untuk bidang tanah yang sama.

DJ Sembiring menambahkan, setiap ada laporan penyelewengan dan kita anggap itu kredibel, CIC akan kirim tim investigasi akan mengungkap dan melaporkan hasil investigasi kepada pihak Kepolisian,” tegasnya.

Modus operandi yang dilakukan mafia tanah yang melibatkan oknum terbanyak terdiri dari pemalsuan dokumen sebanyak 66,7 persen, kejahatan atau penipuan sebanyak 15,9 persen, pendudukan ilegal tanpa hak sebanyak 11 persen, dan jual beli tanah sengketa sebanyak 3,2 persen.

Untuk itu CIC sangat mendukung dan Mengapreasiasi langkah Menteri ATR/BPN mengratiskan kepada masyarakat tentang BPHTB,semoga hal ini akan mendong
krak pembangunan didaerah nantinya.

(BURHANUDDIN)

Related posts