CIC Minta Kasus Century Diminta Dibuka Lagi,Jika KPK Tidak Bernyali,Polri Ambil Alih

  • Whatsapp

MEDAN-KANALPK

Dewan Pimpinan Pusat CIC meminta kasus Century agar dibuka kembali,jika Komisi Pemberantasan Korupsi tidak bernyali ,diharapkan kepada Polri segera mengambil alih berkaitan dengan skandal Bank Century dan perkara penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI) ke Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI).

CIC memintah Pemerintah agar memberikan kesempatan kepada Polri dan Kabareskrim Polri untuk mengambil alih dan membuka kembali kasus Century agar menetapkan siapa “Otak Intlektual” dan siapa saja yang terlibat,sehingga dapat menetapkan mereka sebagai tersangka baru.

Sebagai informasi, Muliaman Hadad pernah menjabat sebagai Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Wakil Ketua Umum CIC menegaskan
,”Seperti diketahui, sejauh ini baru mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Mulya yang jadi terpidana dalam kasus Bank Century. Dalam putusan di Mahkamah Agung Budi Mulya disebut-sebut telah memperkaya diri sendiri, dan orang lain secara bersama-sama dalam perkara ini,padahal masih banyak yang terlibat dalam skandal kasus Century kalau kita mau jujur,”ujar DJ Sembiring kepada awak media Selasa (21/12/2021) di Medan Sumatera Utara.

DJ Sembiring juga menambahkan, CIC menilai ada pihak lain yang disebut bekerja sama dengan Budi Mulya di antaranya adalah mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono, dan mantan Deputi Senior Bank Indonesia Miranda S Goeltom serta 6 orang lainnya.

Dalam kasus skandal Century,mereka disebut secara bersama-sama telah menyalahgunakan wewenangnya sehingga Bank Century mendapat Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) sebesar Rp689 miliar,maka dari itu CIC meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kortas Tipikor segera membuka kembali skandal kasus Century.

CIC melihat,mereka pun disebut telah menyalahgunakan wewenang dengan menetapkan Century sebagai bank gagal berdampak sistemik yang kemudian jadi pintu masuk pemerintah menggelontorkan dana talangan sebesar Rp6,7 triliun.

Wakil Ketua Umum CIC mengatakan,”Jika KPK menyatakan diri tidak mampu, ya dilimpahkan saja kasusnya pada kepolisian atau kejaksaan yang punya kewenangan SP3,” tutur DJ Sembiring.

Hal senada diungkapkan Ketua Umum CIC R.Bambang.SS,”Oleh karena itu, CIC menilai KPK lebih baik melimpahkannya ke Polri atau Kejagung yang memang memiliki kewenangan tersebut,”ungkapnya.

Oleh sebab itu, CIC minta kembali kasus skandal Century dibuka ,dan Polri ambil alih dalam mengungkap kasus skandal bailout Bank Century.

(BURHANUDDIN)

Related posts