CIC Minta Kejati Kepri Segera Tahan Mantan Ketua DPRD Natuna Hadi Chandra dan Anggota DPRD Kepri Terlibat Korupsi

  • Whatsapp

BREAKING TOP NEWS

JAKARTA-KANALPK

Dewan Pimpinan Pusat Corruption Investigation Commiittee (CIC) meminta dengan tegas kepada Kejaksaan Tinggi Kepri agar segera menahan dua anggota DPRD Kepri yang terlibat Korupsi,dimana kedua tersangka tersebut berkas sudah lengkap.

Adapun dari pemeriksaan dari pihak Pidsus Kejati Kepri telah mengekspos perkara kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan dua tersangka anggota DPRD Kepri tersebut.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pidsus,dimana penyidik Pidsus Kejati Kepri, telah menyelesaikan tahap penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) Rp 7,7 miliar, pada tunjangan perumahan dinas Pimpinan dan Anggota DPRD Natuna tahun anggaran 2011-2015 lalu yang melibatkan mantan Ketua DPRD Natuna Hadi Chandra dan 4 orang lain yang menjadi tersangka.

Ketua Umum CIC Raden Bambang.SS menegaskan,”Kasus korupsi di Natuna yang terabaikan selama 5 tahun,dan para tersangka bebas menghirup udara segar, segera selesaikan sekarang,sehingga para pelaku korupsi dapat dipenjara atas perbuatan melawan hukum dan telah korupsi secara berjamaah dan segera ditahan,”tegas Raden Bambang.SS kepada awak media Selasa (9/8/2022) di Jakarta.

Raden Bambang.SS menambahkan, pihaknya (CIC) akan serius mengawal kasus korupsi yang melibatkan mantan Ketua DPRD Natuna Hadi Chandra dan beberapa orang lainnya,serta menuntaskan kasus ini hingga ke Pengadilan Negeri Tanjungpinang.

Ketua Umum CIC memaparkan dalam kasus korupsi berjamaah ini mengarakan,”Keterlibatan Ketua DPRD Natuna periode 2009–2014, Hadi Chandra, termasuk Sekda Kabupaten Natuna periode 2011-2016 Syamsurizon, yang juga pernah menjabat sebagai Ketua tim TAPD. Kemudian, Makmur, selaku Sekretaris Dewan (Sekwan) Natuna periode 2009-2012 sudah bukan rahasia umum lagi,bahkan mereka sudah menjadi tersangka selama 5 tahun,untuk itu CIC meminta kepada Kejagung agar memerintahkan Kejati Kepri segera menahan ke 5 tersangka dan siapa saja yang terlibat dalam kasus korupsi ini,”ujar Raden Bambang.SS.

CIC menilai,ke lima tersangka itu ada dua orang yang menjadi Anggota DPRD Kepri periode 2019-2024. Yakni, Hadi Candra dan Ilyas Sabli.

(Burhanuddin /Cecep Chayana)

Related posts