CIC Minta KPK Usut Tuntas Masalah Korupsi Proyek Mangkarak Rp 2,9 M

  • Whatsapp

BREAKING TOP NEWS

ASAHAN-KANALPK

Dewan Pimpinan Wilayah Corruption Investigation Commiittee (CIC) Sumatera Utara meminta pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)agar segera melakukan penyidikan terhadap kasus korupsi pembangunan gedung PMPTSP di Kabupaten Asahan,dimana proyek pembangunan gedung tersebut menelan anggaran senilai Rp.2,9 miliar yang hingga kini mangkrak.

CIC menilai,mangkraknya pembangunan gedung penanaman modal dan pelayanan perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Asahan mencuat ke permukaan dan menjadi sorotan publik,jelas terkait proyek ini ada dugaan kuat korupsi berjamaah yang dilakukan oknum pejabat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Asahan,untuk itu DPW CIC Sumut akan melaporkan hal ini ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
,agar kasus ini dapat terungkap siapa “Otak Intlektual” kasus proyek mangkrak.Pasalnya, proyek yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Asahan Tahun Angara (TA) 2021 disebut-sebut belum selesai pengerjaan melewati batas waktu kontrak.

Ketua DPW CIC Sumut Ricardo H Simbolon menegaskan,“CIC sangat menyayangkan hal ini terjadi, dimana disaat kondisi pemerintah mengalami pandemi covid-19, Pemkab Asahan yang terkesan menyayat hati masyarakat dengan menggelontorkan anggaran besar untuk pembangunan yang mubazir ditambah lagi proyek pembangunan gedung PMPTSP Kabupaten Asahan mangkrak dan menelan biaya 2,9 miliar,jelas ini sudah menghamburkan uang negara yang seharusnya bermanfaat bagi rakyat,”tegas Ricardo H Simbolon Ketua DPW CIC Sumut Kamis (30/6/2022) kepada awak media di Asahan.

Ricardo H Simbolon memaparkan,” Proyek mangkrak lanjutan pembangunan gedung penanaman modal dan pelayanan perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) dimenangkan CV Fariz Pratama, dengan nilai kontrak proyek senilai Rp 2.917.795.271,49,Sesuai dengan kontrak, pengerjaan proyek dimulai terhitung tanggal 16 september 201, dengab batas pengerjaan selesai 23 Desember 2021.namun hingga kini proyek tersebut terbengkalai tanpa kejelasan pembangunan tersebut.

Proyek yang yang menggunakan anggaran miliara tersebut, terkesan dingin tak tersentuh hukum. Bupati Surya yang terkesan bungkam terhadap proyek mangkrak ini diduga berkaitan dengan keluarganya,untuk itu CIC akan melaporkan hal terkait proyek pembangunan gedung PMPTSP Kabupaten Asahan yang menggunakan anggaran APBD tahun 2021 dengan nilai Rp 2,9 miliar ke KPK.

Selain pembangunan gedung PMPTSP, ada juga salah satu proyek mangkrak lainnya pembangunan gedung serba guna yang kondisinya sudah tertutup lalang rumput sehingga tidak terlihat.

“Kita pastikan, kedua proyek mangkrak dan dugaan monopoli proyek lainnya akan dilaporkan ke KPK. Sejumlah data sudah kita pegang, tinggal dokumentasi fisiknya saja”Pungkas Ricardo H Simbolon.

(BURHANUDDIN/MULYADI)

Related posts