Dirlantas Polda Metro Jaya Kombas.Pol.Sambodo Purnomo Yogo:

  • Whatsapp
Kombes Sambodo Purnomo Yogo
banner 468x60

Izinkan Kawal Ambulans Asal Tak Arogan

JAKARTA-KANALPK

Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya telah melakukan pelarangan terhadap anggota Lalu Lintas untuk tidak melakukan pengawalan terhadap mobil mewah, motor gede atau kelompok pesepeda.

Namun, hal ini berbeda dengan masyarakat yang melakukan pengawalan terhadap mobil ambulans.

Sementara Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, sepeda motor atau masyarakat boleh saja melakukan pengawalan terhadap mobil ambulans apabila tak melakukan pelanggaran.

Menurut Kombes.Pol.Sambodo Purnomo Yogo Dirlantas Polda Metro Kita bisa lihat sejauh apa kepentingannya. Misalnya masyarakat mengawal ambulans ada komunitas yang sukarela juga mengawal ambulans. Buat saya ke depan yang penting pengawalan tersebut tidak arogan, tidak mengganggu pengguna jalan lain seolah-olah jadi pemilik jalan. Kalau orang enggak mau minggir, dipecah-pecahin kaca spionnya. Kalau terjadi, itu pelanggaran hukum,” kata Sambodo kepada wartawan, kemarin.

Namun, apabila saat melakukan pengawalan bertemu dengan anggotanya. Maka, pengawalan tersebut bakal diambil alih oleh aparat Kepolisian.

“Tapi kalau mereka baik-baik saja sesuai aturan, kalau papasan dengan anggota saya, mungkin akan saya perintahkan anggota saya ambil alih untuk ngawal,” ujar Sambodo.

Kombes.Pol.Sambodo Purnomo Yogo menegaskan,”Kewenangan pengawalan berdasarkan UU itu hanya pada Polri dan TNI misal tamu negara, presiden, dan seterusnya.

Selain dijamin UU, ketika mengawal kadang-kadang kan petugas harus menghentikan mobil, harus memperlambat kendaraan orang. Yang bisa menghentikan dan memperlambat kendaraan orang lain itu hanya Polri, masyarakat enggak punya,” tuturnya.

Ditlantas Polda Metro Jaya menerbitkan larangan pengawalan untuk rombongan mobil mewah, sepeda motor gede (moge), dan pesepeda.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, pengawalan secara undang-undang memang menjadi kewenangan Polri. (SHELLA)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60