Ganda Sirait, Ketua LBH Garda Nasional: Pemerintah Jangan Jadi Penonton

  • Whatsapp
banner 468x60
Ketua LBH Garda Nasional Ganda Sirait

PARAPAT-KANALPK

Kota wisata Parapat, kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, diterjang banjir akibat hujan deras hingga membuat Sungai Batu Gaga dan sungai kecil meluap, pada Kamis (13/5/2021) lebaran pertama.

Pascabanjir, jalan-jalan di kota itu dipenuhi genangan air bercampur lumpur.

Akibat guyuran hujan, sungai yang berada di atas kota Parapat yakni Sungai Batu Gaga meluap.

Banjir tersebut membuat jalanan diselimuti lumpur. Bahkan longsor pun terjadi di kawasan Panatapan Parapat yang membuat kerikil berserakan di jalanan.

Memasuki hari keenam pasca banjir bandang di Kota Parapat, Girsang Sipanganbolon, Simalungun , Sumatera Utara, warga terdampak belum juga menerima bantuan. Pemkab Simalungun didesak untuk segera mendistribusikan bantuan yang dibutuhkan warga terdampak banjir.

Ketua LBH Garda Nasional Ganda Sirait mengatakan,””Jangan terlalu lama masyarakat Parapat yang menjadi korban banjir tidak mendapat bantuan khususnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Bupati Simalungun seharusnya bijak menanggapinya,” kata Ganda Sirait kepada www.kanalpk.com Selasa (18/05/2021) dikantor LBH Garda Nasionak Gedung Dewan Pers Jakarta.

Ketua LBH Garda Nasional ini mengharapkan Pemkab Simalungun minimal bisa menyalurkan bantuan awal pemenuhan kebutuhan hidup para korban banjir dengan mendistribusikan sembako dan bila perlu mendirikan dapur umum.

Menurut Ganda Sirait, daerah yang terkena banjir dan longsor di antaranya Kecamatan Tanah Jawa, Gunung Malela, dan Panei Tongah serta Panombean Panei. Bupati Simalungun JR Saragih sudah menginstruksikan para camat turun langsung menangani para korban bencana banjir dan longsor.

“Sedangkan untuk kerusakan infrastruktur masih didata untuk segera dilakukan penanganan oleh Pemkab Simalungun,” kata Ganda Sirait Ketua LBH Garda Nasional.

Untuk itu,Ganda Sirait meminta kepada Pemkab Simalungun dan DPRD segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir tersebut segera mungkin,jangan jadi penonton dan mencari pencitraan belaka.(RICARDO H.SIMBOLON)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60