Gubernur Kaltim Isran Noor gerah, Lihat Tambang Ilegal

  • Whatsapp
banner 468x60

KALTIM-KANALPK

MARAKNYA tambang ilegal di Kukar membuat gerah Pemerintahan Kalimantan Timur,pasalnya hal terebut jelas merugikan masyarakat dan pemerintah tentunya.

Melihat maraknya aktivitas pengupasan lahan di sejumlah kawasan di Kukar, membuat Gubernur Kalumantan Timur Isran Noor menjadi gerah, dugaan aktivitas tambang ilegal di sejumlah lokasi adanya permainan pihak pengusaha dan oknum dibalik semua ini.

Menurut Gubernur Kaltim persoalan dugaan tambang ilegal itu disampaikan Isran Noor saat berkunjung ke Kecamatan Tenggarong Seberang, beberapa hari lalu. Kunjungan Gubernur Kaltim, Isran untuk meresmikan gedung Samsat Pembantu di Tenggarong Seberang.

Isran menyebut melihat sejumlah lokasi kupasan lahan. Sejumlah kupasan itu, ucap dia, diduga menjadi lokasi tambang ilegal. Namun sayangnya, kata dia, pengawasan serta peraturan pertambangan saat ini menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Keterbatasan tersebut disayangkan lantaran membatasi ruang gerak pemerintah daerah. Sejumlah kawasan di Kukar menjadi lokasi tambang ilegal. “Areal tambang koridor berkembang, tapi kita mau apa lagi. Kita pemerintah daerah tidak diberi kewenangan,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor kepada wartawan.

Isran Noor menegaskan, seandainya pengurusan izin menjadi kewenangan pusat dan daerah tetap bertanggung jawab atas pelaksanaannya, hal itu masih bisa dilakukan.

“Kalau tidak ada ikatan itu, kita bisa bertentangan dengan institusi terkait,” imbuhnya.

Adapun Lokasi pengupasan lahan untuk mengambil emas hitam terkesan dilakukan terang-terangan.

Bahkan berdekatan dengan fasilitas publik.

Beberapa kecamatan di Kukar yang disinyalir marak terjadi aktivitas tambang liar, seperti Samboja, Tenggarong Seberang, Marangkayu, Sebulu, bahkan Tenggarong.

Untuk itu diharapkan kepada pihak pemerintah pusat agar memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah unuk bisa menertipkan lahan tambang ilegal yang kini semakin marak bak “Jamur” tumbuh dimusin hujan. (H.ANDI HARIS)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60