Jembatan Mahkota 2 Samarinda Bergeser

  • Whatsapp
banner 468x60

SAMARINDA-KANALPK

Konstruksi Jembatan Mahkota 2 Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami pergeseran ke kanan. Akibatnya, akses menuju jembatan tersebut ditutup untuk seluruh jenis kendaraan,sehingga pengguna jalan tersebut tidak bisa dilalui.

Wali Kota Samarinda Andi Harun menutup akses Jembatan Mahkota 2, Samarinda,pada Senin (26/4/2021).

Hingga saat ini tim ahli masih menyelidiki sebab jembatan tersebut bergeser. Namun di sekitar konstruksi jembatan sempat terjadi abrasi.

“Saya terpaksa menutup akses Jembatan mulai pukul 13.00 Wita, untuk semua jenis kendaraan apapun,” ujar Wali Kota Samarinda Andi Harun kepada wartawan di Samarinda Senin (26/4/2021).

Andi Harun, Wali Kota Samarinda

Andi Harun menuturkan pihaknya masih belum mau berspekulasi terkait pergeseran plyon jembatan diakibatkan abrasi yang terjadi pada pekan lalu, atau disebabkan oleh hal lain.

“Biarkan tim-tim yang sudah kami tunjuk melakukan penelitian terkait gesernya jembatan Mahakam 2 ini, apakah karena adanya kegiatan proyek atau hal lainnya,” paparnya.

Ketentuan ini berlaku untuk kendaraan roda dua, empat, maupun jenis truk.

Keputusan ini terpaksa diambil Wali Kota Samarinda Andi Harun setelah melakukan pertimbangan atas kondisi Jembatan Mahkota 2. Dia menilai, terlalu berbahay membiarkan Jembatan Mahkota 2 tetap dilintasi sementara ada amblas di salah satu tiang pancang.

Andi Harun mengungkapkan, hasil analisa sementara ada pylon dari Jembatan Mahkota 2 yang bergeser. Pergeseran sejauh 7 milimeter ke arah kanan. Menjauh dari titik longsor di sebelah kiri Jembatan Mahkota 2.

Selain itu, juga terjadi penurunan pondasi sedalam 33 milimeter. Kondisi ini dikhawatirkan berpengaruh terhadap struktur jembatan. Untuk memastikan lebih jauh, analisas dari tim teknis masih terus dilakukan.(H.ANDI HARIS)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60