Kabareskrim Perintah Tangkap dan Tahan Bos Indosurya Henry Surya,CIC Mendukung Serta Mengapreasiasi

  • Whatsapp

BREAKING TOP NEWS

JAKARTA-KANALPK

Dewan Pimpinan Pusat Corruption Investigation Commiittee (CIC) mengapreasiasi serta mendukung langkah Kabareskrim Polri Komjen.Pol. Agus Adrianto dalam menegakan hukum, dimana Kabareskrim Polri menginstruksikan penyidik Polri menggelar penangkapan dan penahananpaksa lagi terhadap Bos Indosurya Henry Surya Cs seusai sempat dinyatakan bebas dari Rutan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan sejak Jumat (24/6/2022) lalu.

CIC menilai sikap yang dilakukan pihak Kabareskrim Polri sangat tepat,agar nantinya para tersangka bakal ditahan berdasarkan laporan polisi (LP) yang berbeda dari sebelumnya. Yakni, penyidik bakal menggunakan laporan polisi korban Indosurya yang dilaporkan di sejumlah Polda di daerah.

Ketua Umum CIC Raden Bambang.SS menegaskan,’Dengan begitu, pihak penyidik Polri bisa kembali melakukan penangkapan dan penahanan paksa lagi terhadap Henry Surya Cs dan siapa saja terlibat dalam kasus Indosurya,”tegas Raden Bambang.SS Rabu (29/6/2022) kepada awak media di Jakarta.

CIC berharap agar kasus ini bisa dilakukan sampai berkas perkara tersangka dinyatakan lengkap ke persidangan.

Disisi lain,Kabareskrim Polri Komjen.Pol.Agus Adrianto mengatakan, meminta Karena itu, Agus meminta masyarakat yang menjadi korban Indosurya untuk segera melaporkan kasus tersebut ke Bareskrim Polri. Menurutnya, tindakan ini diambil sebagai bukti penyidik Polri serius menangani kasus tersebut.

“Mohon rekan-rekan media menginformasikan kepada korban-korban yang belum melapor, silahkan melapor, kami akan melakukan penanganan secara parsial. Itu yang perlu saya sampaikan pada siang hari ini, sebagai bentuk penegasan bahwa kita serius menangani koperasi simpan pinjam Indosurya yang mungkin polemik yang terjadi di lapangan seperti itu, saya ambil alih langsung perkaranya,” pungkas Kabareskrim Polri Komjen.Pol.Agus Adrianto.

Sementara itu pihak Kejagung melaui Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Ketut Sumedana menyatakan bahwa berkas perkara Henry Surya dan dua tersangka kasus Indosurya lainnya masih dinyatakan belum lengkap.

Ketut menjelaskan bahwa berkas perkara Henry Surya Cs telah dikirimkan kembali kepada Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI pada Jumat 24 Juni 2022.

Hal itu sesuai dengan nomor surat B-2472/E.3/Eku.1/06/2022 atas nama Tersangka SA, B-2473/E.3/Eku.1/06/2022 atas nama Tersangka JI, dan B-2474/E.3/Eku.1/06/2022 atas nama Tersangka HS. Berkas itu dilimpahkan pada Jumat (24/6/2022) beberapa hari lalu.

(BURHANUDDIN/CECEP CHAYANA)

Related posts