Kapolda Metro Jaya, Pemudik Tidak Akan Lolos

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA-KANALPK

Pesan khusus bagi para pemudik yang akan kembali ke Jakarta, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memberikan peringatan keras,anda tidak akan lolos.

Pihak Kepolisian kembali membuat aturan kepada para pemudik, di antaranya, pengetatan dan memperpanjang penyekatan arus balik lebaran.

Bagi pemudik yang kembali ke Jakarta juga diwajibkan melakukan tes swab antigen di sejumlah pos cek poin.

Selain swab antigen, pihaknya juga mewajibkan para pemudik membawa surat keterangan bebas Covid-19 dari tempat asal.

Bila tidak membawa, maka petugas akan melakukan isolasi mandiri terhadap para pemudik.

Kapolda Metro Jaya Irjen.Pol.Fadil Imran mengatakan,”“Jika tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19, pihak petugas akan memaksa Anda untuk melakukan isolasi mandiri,” ujar Kapolda.

Lebih lanjut, Kapolda Metro Jaya Irjen.Pol.Fadil Imran mengatakan para pemudik tidak akan bisa lolos dari pemeriksaan surat bebas Covid-19.

Karena pihaknya sudah bekerja sama sampai dengan tingkat RT, RW, Babinsa, dan Babinkantibmas.

“Kalau Anda lolos di pos penyekatan ini, Anda tidak mungkin lolos di basis komunitas. Karena seluruh RT, RW, Babinsa, Babinkantibmas itu akan datang,” tegas Kapolda Metro Jaya.

Seperti yang dilakukan Polres Bekasi bersama Polda Metro Jaya yang mulai melakukan pemeriksaan acak swab antigen kepada pemudik arah Jakarta di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Mobil pemudik satu persatu berhenti. Penumpangnya dicolok untuk tes antigen. Setelah beberapa menit, hasil keluar. Ratusan mobil pemudik yang dinyatakan negatif dipasangi stiker. Bagi yang reaktif, seluruh orang di kendaraan akan dibawa ke RSD Wisma Atlet untuk pengecekan swab PCR.

“Yang sudah diperiksa akan ditempel stiker dengan barcode, sehingga tidak bisa dipalsukan,” kata Kepala Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan dalam keterangannya, Senin (17/5) kepada wartawan.

Pada pos berikutnya, pemudik yang belum ada stiker, kembali akan diperiksa secara acak. Modelnya deperti di pos penyekatan KM 34, jika ada lima orang dalam satu kendaraan, dua orang akan dilakukan pemeriksaan swab antigen. Jika hasilnya reaktif, maka semuanya akan dibawa ke Wisma Atlet untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Polisi menyebar 31.000 alat swab antigen selama Operasi Ketupat Jaya digelar hingga 24 Mei 2021 mendatang,” tambahnya.(Shella/Burhanuddin)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60