Kasus Mafia Pelabuhan PT Kenken Indonesia,Diusut Pihak Kejati DKI

  • Whatsapp

BREAKING NEWS

JAKARTA-KANALPK

Kasus mafia di pelabuhan yang melibatkan pihak PT.Keken Indonesia mulai diusut oleh pihak Kejaksaan Tinggi DKI (Kejati DKI).

Pihak Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi penyalagunaan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) pada PT KENKEN INDONESIA melalui Pelabuhan Tanjung Priok tahun 2015 – 2021, Rabu (9/3/2022).

Sementara Kejati DKI melalui Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Ashari Syam menyebutkan penyelidikan tersebut berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Nomor : Print-762/M.1/Fd.1/03/2022 tanggal 08 Maret 2022.

Menurut Kapuspen Kejati DKI Ashari menerangkan,”Terdapat indikasi PT. Keken Indonesia yang memiliki fasilitas KITE, dalam melakukan kegiatan impor textile yang seharusnya diolah menjadi barang jadi (garment) untuk di export sebagaimana mestinya, namun dijual di pasar dalam negeri. “Ini menyebabkan terganggunya harga pasar textile dalam negeri dan berakibat tutupnya beberapa pabrik textile dalam negeri,”ujar Kapuskum Kejati DKI kepada awak media Rabu (9/3/2022) di Jakarta.

Ashari juga menjelaskan dengan tidak diexportnya textile yang sudah diolah menjadi barang jadi tersebut negara tidak mendapatkan devisa dan menyebabkan adanya kerugian keuangan negara. “Pasar terganggu dan pabrik tekstil tutup menyebabkan timbulnya kerugian terhadap perekonomian negara,” tegas Ashar.

(R.Bambang.SS)

Related posts