ke Jawa Lewat Pelabuhan Bakauheni Wajib Tes Rapid Antigen

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA-KANALPK

Mengantisipasi lonjakan arus balik pemudik, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewajibkan orang yang kembali ke Jawa lewat Pelabuhan Bakauheni untuk melakukan rapid test antigen sebelum berangkat.

Adapun Tes rapid antigen dilakukan secara mandiri di daerah asal keberangkatan guna menghindari penumpukan di pelabuhan.

Hal itu disampaikannya saat Rapat Koordinasi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, kemarin.

“Dari hasil rakor tadi, ada satu catatan bahwa untuk menghindari adanya penumpukan di Bakauheni, maka kami meminta kepada para penumpang agar melakukan tes Rapid Antigen secara mandiri di daerah asal keberangkatan. Dan penumpang wajib membawa hasil negatif tes rapid antigen tersebut sebelum keberangkatan,” kata Menhub.

Sementara,data dari Satgas Covid-19 menyebutkan bahwa dalam satu bulan terakhir terjadi peningkatan kasus yang signifikan di hampir seluruh provinsi di Pulau Sumatera.

Untuk itu perlu suatu upaya memperketat pergerakan penumpang khususnya dari Sumatera ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.

Menhub memprediksi, sebanyak 440.014 orang menyeberang dari Merak menuju Bakauheni dalam kurun waktu 22 April hingga 14 Mei 2021.

Pemerintah akan menyiapkan antisipasi arus balik mudik pasca Lebaran dari Sumatra ke Jakarta dan sekitarnya.

Tempat isolasi berikut dengan tenaga medisnya juga disiapkan mengantisipasi jika ada yang menunjukkan gejala Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengingatkan kepada para petugas di lapangan agar tetap mempertahankan konsistensi dalam bertugas melakukan penyekatan sampai masa peniadaan mudik selesai.

“Pengendalian transportasi di sektor darat tantangannya lebih besar dibandingkan sektor lainnya, karena potensi masyarakat yang ingin mudik di sektor darat ini tinggi sekali. Oleh karenanya effort yang dilakukan rekan-rekan petugas di lapangan baik dari TNI, Polri, Dishub, KKP, Satgas, dan unsur terkait lainnya adalah suatu hal yang luar biasa. Kesabaran para petugas dalam menangani masyarakat pengguna transportasi darat pun sudah dilakukan dengan baik,” kata Menhub.

Salah satu upaya antisipasi arus balik, pemerintah akan melakukan testing bagi pelaku perjalanan dengan kendaraan pribadi yang masuk ke Jakarta dari arah Lampung.

Pemeriksaan dilakukan di Pelabuhan Bakauheni dan diusulkan pada beberapa rest area sebelum masuk Pelabuhan Bakauheni.

“Ini sejalan dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13, semua masyarakat yang akan kembali ke Jakarta akan dilakukan pengetesan menggunakan rapid test antigen. Kalau selama ini, menggunakan GeNose dan rapid test berbayar,” ujar Budi.(BURHANUDIN/MULYADI)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60