Kejagung Periksa I Orang Saksi

  • Whatsapp
banner 468x60
Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak

JAKARTA-KANALPK

Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung RI kembali melakukan pemeriksaan pihak pihak yang terkait dengan penanganan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pembelian Gas Bumi oleh Perusahaan Daerah (PD) Pertambangan Dan Energi (PDE) Sumatera Selatan, dengan melakukan periksaan 1 (satu) orang saksi.

Erwin Himawan selaku Direktur PT Dinamika Mukti Mitratama, dan Ivo Wongkaren selaku Direktur PT. Mulya Tara Mandiri.

Saksi yang diperiksa yaitu Erwin Himawan selaku Direktur PT. Dinameka Mukti Mitratama.

Saksi diperiksa terkait penerimaan fee marketing dari PT. PDPDE Gas.

Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada Perusahaan Daerah (PD) Pertambangan Dan Energi (PDE) Sumatera Selatan.

“Dengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam pasal 1 angka 2 KUHAP,” kata Leonard Eben Ezer Simanjuntak Kapuspenkum Kejagung kepada wartawan Jumat (11/06/2021) di Jakarta.

Dugaan jual-beli gas dilakukan PDPDE telah berlangsung selama sembilan tahun dengan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp5 triliun.

Hasil penjualan gas itu Pemerintah Daerah dalam hal ini PDPDE Sumsel hanya menikmati keuntungan sebesar Rp89 miliar, dan diduga terjadi kebocoran.

Salah satu larinya uang tersebut melalui tagihan fiktif ke tujuh perusahaan tersebut yang menjalin kerja sama dengan Perusahaan Daerah (PD) Pertambangan Dan Energi (PDE) Sumatera Selatan selama ini.

Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19. (SHELLA)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60