Ketua Umum CIC Kunjungi Pabrik Sawit di Siak dan Rokan Hulu Riau

  • Whatsapp
banner 468x60

PEKANBARU-KANALPK

Dewan Pimpinan Pusat Corruption Investigastion Commiittee (CIC) melakukan kunjungan kelokasi Pabrik Sawit di Sei Buatan Siak dan Rokan Hilir Provinsi Riau.

Dalam kunjungan CIC ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) diikuti juga Mawardi Direktur UKM Bina Usaha DPP CIC, Cecep Ketua Koordinator DPP CIC dan anggota CIC.

Ketua Umum CIC R.Bambang.SS mengatakan,” Kunjungan ini tentunya sangat peting bagi para pengusaha untuk menjelaskan secara langsung kepada CIC apa yang sedang dilakukan untuk memenuhi standar yang di inginkan oleh pasar tentang pengelolaan Minyak Kotor (Miko),dalam hal ini agar pihak PTPN V tidak melakukan monopoli terhadap Miko,”ujar R.Bambang.SS kepada awak media Sabtu (20/11/2021) di Pekan Baru.

Saat ini CIC melakukan beberapa program antara lain adalah memfasilitasi bagi pengusaha melalui pemetaan pengelolaan miko, dan melakukan pelatihan dan penyuluhan agar tidak melakukan tindak pidana korupsi atau melakukan grafitasi saat pengelohan Miko dengan pihak PTPN V dan pembangunan kelompok pengusaha CPO dan MIKO,serta sertifikasi berkelanjutan. Dari semua itu, yang baru berhasil dipetakan adalah sebanyak 14 perusahaan CPO dan MIKO.

Semua upaya yang dilakukan CIC saat ini adalah untuk memastikan pasokan miko berkelanjutan dari pihak PTPN untuk menemui standar pasar yang tinggi terkait tidak ada deforestasi atau usaha illegal.

Menurut Direktur UKM dan Bina Usaha CIC Mawardi memaparkan,”yang turut hadir dalam kunjungan ini pun mengajak para pengusaha CPO dan pengusaha Miko untuk bekerjasama mencari solusi mengatasi permasalah perusahaan sawit seperti pemetaan kebun petani sawit skala kecil dan juga bagaimana menyediakan pelatihan-pelatihan yang di butuhkan petani sawit skala kecil terutama untuk upaya mencapai standar yang di inginkan oleh pangsa pasar kedepan,”tutur Mawardi.

Mawardi menambahkan,”Jika pasar dunia menginginkan perdagangan CPO dan MIKO berkelanjutan dan pasokan sawit tanpa deforestasi, harus mampu merangkul petani kecil yang selama ini terdampak akibat kebun-kebun besar yang illegal, yang jelas pasar dunia harus melakukan traceability, dan memastikan petani kecil yang berpraktek secara berkelanjutan diprioritaskan. Pasar dunia harus bertransformasi untuk pengusaha kecil,” tegas Mawardi.

Cecep Ketua Koordinator DPP CIC mengungkapkan,”Kunjungan kami di petani sawit hari ini untuk mengetahui secara langsung proses produksi minyak sawit berkelanjutan yang di lakukan oleh petani sawit dan para pengusaha CPO dan MIKO skala kecil,” ungkap Cecep.

(JUPITER SEMBIRING)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60