Luar Gaji sebagai Rezeki Itu Cikal Bakal Korupsi

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA-KANALPK

Menurut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri menilai, cara berpikir individu yang merasa bahwa pendapatan di luar gaji sebagai rezeki memicu terjadinya tindak pidana korupsi.

Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan,“Saya ingin garis bawahi, faktor internal yang terjadi karena kita punya parasaan permisif pada korupsi. Bahwa masih banyak pendapatan di luar gaji dan pendapatan sah, dan itu adalah rezeki, di sanalah cikal bakal terjadinya korupsi,” kata Firli dalam diskusi virtual bertajuk Mewujudkan Dunia Usaha Tanpa Korupsi, Rabu (28/4/2021).

Selain pola pikir itu, Firli menyebut bahwa faktor internal penyebab korupsi juga terkait dengan integritas individu.

Korupsi juga terjadi karena integritas pribadi. Integritas pribadi akan sangat berpengaruh pada integritas kelompok, unit kerja, satuan kerja, bahkan lembaga. Maka saya mengajak semua yang berperan aktif di bidang usaha tidak melakukan korupsi karena apa pun yang terjadi tindakan itu akan dimintai pertanggungjawaban baik secara hukum maupun keluarga.

Dengan istilah corruption because of peal, bad or weak system.

Bahwa pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki tanggung jawab untuk memberikan pencegahan dengan cara memberikan rekomendasi, kajian, dan masukan pada lembaga, kementerian dan perusahaan terkait penguatan sistem untuk menutup celah korupsi.

“Kita lakukan perbaikan sistem, penguatan sistem, sehingga sistem yang baik menutup celah peluang korupsi,” tutur Ketua KPK Firli.(JEN KELIKY/BURHANUDDIN)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60