Penyeberangan Merak-Bakauheni Diperketat

  • Whatsapp
banner 468x60
Kepala BNPB Doni Monardo meresmikan RS covid-19

JAKARTA-KANALPK

UNTUK mengantisipasi lonjakan arus mudik dan arus balik,pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakun persiapan hasil Swab.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta pemeriksaan diperketat di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

Dilakukan untuk menekan arus penyebaran virus corona akibat mobilitas masyarakat dalam perayaan Idul Fitri 2021 ini.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen.Doni Monardo meninta,””Perketat lalu lintas manusia di penyeberangan Bakauheni-Merak. Sekali pun sudah mengantongi surat swab, harus dicek lagi secara seksama,” sebut Lejen.Doni Monardo, Kamis (13/5/2021) kepada wartawan.

Jika dalam pengecekan kembali, seperti swab antigen ulang dilakukan dan ketahuan ada yang berstatus positif Covid-19, Doni menegaskan pemerintah tidak akan melakukan kompromi.

“Tidak ada pengecualian. Jika positif, langsung dikarantina,” tegas Doni.

Doni meminta para tokoh masyarakat seperti RT dan RW untuk tegas dalam menerapkan aturan protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing.

Letjen Doni Monardo meminta para Satgas Penanganan Covid-19 di daerah tak ragu untuk melakukan lockdown jika dalam masa-masa ini terdapat 4-5 warganya disuatu kawasan dinyatakan positif Covid-19.

“Jika satu RT/RW ada lebih dari lima orang atau sejumlah rumah yang isinya terpapar Covid-19, segera lakukan lockdown. Semua pihak mengawasi, mendukung, dan memastikan lockdown berlangsung tertib dan baik. Termasuk jaminan pasokan logistik,” tutur Doni.

Menurut Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Letjen Doni Monardo mengatakan, masyarakat yang sudah terlanjur melakukan perjalanan mudik wajib menjalani karantina.

Hal itu dilakukan agar penyebaran Covid-19 dapat dicegah dan tidak terjadi seperti tsunami Covid-19 di India.

“Kalau telanjur sudah mudik, tidak ada pilihan lain, wajib karantina. Apa pun alasannya wajib karantina,” kata Doni saat mengunjungi Pelabuhan Merak, Banten.

Menurut Doni, keputusan larangan mudik murni dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19.(R.BAMBANG.SS)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60