Perekrutan Komcad TNI Di Buka Mulai Bulan Juli 2021

  • Whatsapp
banner 468x60

AMBON-KANALPK

Pihak Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia mulai menggelar sosialisasi program komponen cadangan atau komcad Matra Darat guna memperkuat kekuatan TNI dalam pengawasan pertahanan negara.

Di Kodam XVI / Pattimura, kegiatan ini digelar di Lapangan Tenis Indoor Tapal Kuda yang dibuka langsung oleh Pangdam XVI / Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Rabu (17/03). Kegiatan ini juga diadakan secara virtual di daerah-daerah Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Turut hadir Pejabat pemerintah daerah, kepolisian, tokoh masyarakat, BUMN, BUMS dan dunia usaha.

Pangdam dalam krisisnya, Pemesanan Komponen Cadangan merupakan agenda pemerintah yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan Pertahanan negara sesuai Program Kementerian Pertahanan RI dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang (PSDN) Pengelolaan Sumber Daya Nasional.

Program ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 18-35 tahun yang ingin menjadi siap menjadi cadangan. Keberadaan komcad tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 sebagai peraturan pelaksanaannya.

Dimana Kodam XVI / Pattimura siap mendukung program Kemhan, dengan siap mengolah 500-900 orang. Rindam XVI / Pattimura pun telah menyiapkan tempat di Dodik Bela Negara yang bisa menampung hingga 500 orang dan 4 batalyon yang ada dapat menampung 100 orang.

Sementara itu, Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dalam amanatnya yang dibacakan oleh Direktorat Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Brigjen TNI Fahrid Amran, turut memberikan apresiasi kepada Pangdam XVI / Pattimura beserta jajaran atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Dikatakan, pemesanan komcad tidak terlepas dari rancang bangun para pendiri bangsa, yaitu sistem pertahanan semesta yang tertuang dalam UUD 1945. Pasal 27 ayat (3) mengamanatkan bahwa “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.” Dan Pasal 30 ayat (1) bahwa “tiap warga ngara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Kemhan terus menerus bekerja sebagai sumber potensi ketahanan kepentingan negara, salah satunya dengan membentuk komcad yang mengikut sertakan rakyat secara terarah, tanpa paksaan demi menciptakan pertahanan semesta,” terangnya kepada wartawan.

Sementara itu, Sekda Maluku Kasrul Selang mengatakan tidak ada alasan untuk tidak mendukung program ini.

Pemerintah Daerah siap mendukung ketahanan pangan dan energi guna merealisasikan program tersebut, karena pada kenyataannya Indonesia khususnya Maluku adalah milik kita bersama. Pungkasnya (SYARIF ELI/JEN KELIKY)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60