Pesona Wisata Asahan

  • Whatsapp
banner 468x60

ASAHAN,KANALPK

Kabupaten Asahan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Provinsi Sumatera Utara sangat terkenal dengan ibu kotanya, yaitu Medan. Medan menjadi tempat populer yang dikunjungi wisatawan karena Danau Toba yang menawan. Namun, siapa sangka jika di Provinsi Sumatera Utara ada surga dunia tersembunyi yang belum banyak diketahui orang.

Jarak antara Kabupaten Asahan dengan Kota Medan kurang dari 200 km. Itulah mengapa, sangat disayangkan jika kita tidak mampir ke Kabupaten Asahan saat mengunjungi Kota Medan. Selain wilayahnya yang belum padat penduduk, Kabupaten Asahan juga menyimpan banyak sejarah karena menjadi salah satu saksi bisu perjalanan Sultan Iskandar Muda.

Saat ini, banyak pecinta wisata yang mencari keindahan alam yang belum sering dijamah oleh manusia. Kabupaten Asahan menjadi tempat yang sangat pas untuk para pecinta alam. Bagi yang belum tahu surga dunia yang tersembunyi di Kabupaten Asahan, berikut disajikan 10 tempat wisata di Kabupaten Asahan yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat peosona Air Terjun Ponot yang berlokasi Lokasi Desa Tangga, Sampuran Siarimo, Halado, Pintu Pohan Merant, Kab. Asahan.

Air terjun merupakan air terjun yang terletak di Kisaran, Ibu Kota Kabupaten Asahan. Air terjun Ponot sangat indah dan eksotis dengan ketinggiannya yang mencapai 250 meter. Media terjunnya air yang bebas melewati tebing menambah nilai estetik tersendiri terhadap air terjun Ponot. Bagi pecinta air terjun, air terjun Ponot wajib dikunjungi.

Untuk mencapai air terjun Ponot, kita harus berjalan kurang lebih 500 meter. Namun semuanya akan terbayar dengan keindahannya. Sepanjang perjalanan menuju air terjunpun kita akan dimanja dengan pemandangan alam khas hutan tropis dengan aroma khas tanah dan hutan. Air terjun Ponot sangat tepat untuk melepas kelelahan Anda.

Ditempat pesona wita Asahan juga terdapat Pansur Napitu,dimana lokasi Gunung Berkat, Bandar Pulau, Kab. Asahan.

Pansur Napitu merupakan pemandian alam yang sempat populer dengan umbul-umbulnya. Seperti halnya mandi di bath up yang biasa digunakan oleh masyarakat perkotaan, Pancur Napitu berfungsi sebagai pelepas penat dengan areanya yang enak untuk berendam. Air Pansur Napitu yang dingin menyejukkan membuat orang enggan beranjak dari sana.

Air jernih yang seakan tak pernah kering di Pansur Napitu sangat eksotis karena warna hijau alaminya. Untuk pecandu wisata alam yang ingin berendam sambil membuang jauh stress yang membebani jiwa, Pansur Napitu siap meladeni.

Ada pesona Arung Jeram Sungai Asahan,yang berlokasi di Jl. Lintas Sigura – Gura, Parhitean, Meranti Utara, Pintu Pohan Merant, Kab. Toba Samosir.

Bagi pecandu wisata yang menyukai tantangan, arung jeram tentu sudah tidak asing lagi. Sangat disayangkan bila tidak mampir ke Arung Jeram Sungai Asahan. Arung Jeram Sungai Asahan pernah disebut menjadi Arung Jeram terbaik di dunia.

Para pecandu wisata yang ingin berteriak untuk melepaskan emosi sangat cocok mengunjungi Arung Jeram Asahan. Kegiatan arung jeram yang cukup memacu hormon adrenalin menjadi sarana liburan yang menyenangkan setelah suntuk bekerja. Arung jeram Sungai Asahan memiliki tempat yang aman disertai dengan peralatan Arung Jeram yang sudah memadai.

Ada juga wisata Museum Asahan,yang mana dapat mengenal sejarah,yang berlokasi Gedung Juang 45 Asahan, Jl. HOS Cokroaminoto, Kisaran, Kab. Asahan.

Museum Asahan merupakan museum bersejarah yang menjadi saksi perlawanan rakyat Sumatera Utara terhadap kolonial Belanda. Wisatawan yang menyukai sejarah sudah tentu wajib mengunjungi museum ini. Selain tempatnya yang bersejarah, Museum Asahan juga menjadi tempat belajar kesenian daerah dan kebudayaan masyarakat Asahan.

Museum ini menjadi bangunan cagar budaya yang dilindungi pemerintah. Kita dapat belajar alat musik daerah Asahan, adat istiadat, bahasa, maupun kebudayaan lain yang ada di Asahan. Jadi, bagi para wisatawan sangat disayangkan jika tidak mengunjungi Museum Asahan.

Wisatawan muslim sangat direkomendasikan untuk mampir ke Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran. Masjid ini berdiri kokoh dengan dikelilingi pohon yang membuatnya tetap asri. Arsitektur masjid yang merupakan perpaduan antara gaya bangunan modern dengan bangunan masyarakat khas Asahan membuat masjid ini nyaman untuk beribadah.

Para pengunjung masjid juga akan dimanjakan dengan bangunan di halaman masjid yang enak untuk bersantai. Bagi wisatawan muslim, ibadah akan terasa lebih khusyuk dan tidak tergesa-gesa bila dilakukan di Masjid Ahmad Bakrie Kisaran yang bersejarah dan indah ini. Bagi wisatawan yang membawa anak juga akan merasa lebih aman beribadah di masjid ini.

Waterboom kedengarannya memang seakan bukan wisata alam. Namun, waterboom yang ada di Kisaran, Kabupaten Asahan ini berada di tengah-tengah alam yang membuat siapa saja merasa dimanjakan oleh Alam. Sentuhan tangan manusia dalam membuat wahana di tengah Alam membuat para pelancong merasa aman bermain air di sini.

Selain letaknya yang strategis, Ragil Waterboom Kisaran juga cocok dikunjungi terutama bagi pelancong yang membawa anak kecil. Wahana permainan anak kecil yang ada di Ragil Waterboom Kisaran dapat melatih anak untuk lebih berani pada tantangan di alam karena ada banyak wahana yang cukup menantang disertai pemandangan alam di sekelilingnya. (SUFARLIN MARTIN SINAGA)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60