Petro Kimia Gersik Salurkan Bantuan Ke Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru

  • Whatsapp

LUMAJANG-KANALPK

Pihak Petro Kimia Gersik bergerak cepat dalam membantu para korban bencana letusan Gunung Semeru di Jawa Timur yang terjadi Sabtu (4/12) siang kemarin.

Dalam waktu kurang dari empat jam setelah erupsi pertama terjadi pukul 13.30 WIB, bantuan dari pihak Petro Kimia Gersik sudah sampai di tiga desa di dua kecamatan yang terdampak erupsi Semeru yang diterima Bupati Lumajang.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur di Kecamatan Pronojiwo, terdapat dua desa yang terdampak yaitu Desa Supiturang dan Desa Curah Kobokan. Sementara, di Kecamatan Candipuro adanya satu desa, yaitu desa Sumberwuluh yang warganya harus mengungsi karena debu vulkanik dari gunung yang memiliki tinggi, 3.676 m dpl itu.

Direktur Utama PT.Petro Kimia Gersik
Dwi Satriyo Annurogo mengungkapkan perusahaan di daerah memiliki sistem respon cepat jika terjadi bencana alam sehingga bala bantuan langsung dikoordinasikan untuk segera dikirim ke lokasi bencana.

Dirut PT.Petro Kimia Gersik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan,”Atas bencana erupsi Gunung Semeru itu, kami langsung berkoordinasi dengan BPBD Jawa Timur dan Bupati Lumajang, sehingga dalam waktu singkat bantuan untuk para pengungsi langsung diadakan,”tutur ,Dwi Satriyo Annurogo dalam keterangan resmi, kepada wartawan Minggu (5/12) di Lumajang.

Dwi berharap bantuan yang dikoordinir BUMN itu dapat membantu para pengungsi dan juga meringankan pemda setempat dalam menghadapi bencana ini. PT.Petro Kimia Gersik siap memberikan dukungan yang dibutuhkan masyarakat dan pemda Jatim. “Semoga bencana ini segera berakhir dan para pengungsi bisa kembali ke rumahnya masing-masing,”ujar Dwi.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menyatakan bahwa bantuan bencana ini merupakan bantuan kemanusiaan dari Petrokimia Gresik.

Reaktivasi ini merupakan tindak lanjut arahan Menteri BUMN agar BUMN berperan aktif dalam membantu pemerintah dalam segala bentuk bencana alam.

Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilaporkan mengalami erupsi pada Sabtu sore, 4 Desember 2021. Erupsi yang disertai guguran awan panas mengharuskan warga di sekitar Gunung Semeru mengungsi.

PT.Petrokimia Gersik Peduli merespons cepat adanya bencana alam tersebut. Satgas Bencana kini terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk membantu warga yang terdampak.

Dwi Satriyo Annurogo Dirut PT.Petrokimia Gersik memaparkan,” kami terus berupaya menyalurkan bantuan tanggap darurat dan percepatan pemulihan bencana gunung meletus di Kabupaten Lumajang. Kami terus berkoordinasi dan menyalurkan bantuan ke posko-posko evakuasi, itu prioritas utama kami”, jelas Dwi (5/12).

(R.Bambang.SS)

Related posts