Polda Metro Dirikan 14 Posko Swab Antigen

  • Whatsapp
banner 468x60
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes.Pol.Yusri Yunus

JAKARTA-KANALPK

UNTUK mengantisipasi lonjakan arus mudik dan mencegah penyebaran virus covid 19,pihak Polda Metro Jaya mendirikan 14 pos Sweb Antigen bagi para pemudik yang masuk ke Jakarta.

Pihak Polda Metro Jaya melakukan tes swab antigen secara acak terhadap pemudik yang balik dari kampung halamannya. Total ada 14 posko untuk pemeriksaan sekaligus tes swab bagi warga yang balik ke Jakarta.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, seiring dengan berakhirnya Operasi Ketupat, polisi melakukan pemeriksaan swab antigen secara acak di pos penyekatan hingga 24 Mei 2021 mendatang.

“Hari ini adalah berakhir dari Operasi Ketupat, tetapi melihat situasional yang ada jadi perintah dari Kapolda langsung, anggota terus berlanjut sampai tanggal 24 (Mei) di 14 titik penyekatan,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (17/5/2021) kemarin kepada wartawan.

Mulai hari ini ada penambahan dua titik lagi yang ditambah Polda Metro Jaya untuk melalukan pemeriksaan kepada pemudik ke Jakarta,yang sebelumnya ada 12 titik.

Dua titik itu berada di pelabuhan dan terminal.

Kemarin 12 ditambah 2 lagi ada penambahan Pelabuhan Tanjung Priok dan Terminal Kampung Rambutan. Jadi ada 14 titik penyekatan sekarang,” ungkap Kombes.Pol.Yusri Yunus Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Di pos pemeriksaan itu nantinya petugas akan memeriksa surat bebas COVID-19 oleh para pemudik. Jika tidak membawa surat tersebut, petugas akan melakukan random rapid antigen kepada pemudik di lokasi.

Bagi pemudik yang dinyatakan reaktif, petugas akan membawa pemudik tersebut ke Rumah Sakit Darurat COVID Wisma Atlet untuk dilakukan tes PCR serta isolasi mandiri.

Bagi para pemudik yang dinyatakan nonreaktif, petugas akan menempelkan stiker ke kendaraan pemudik tersebut. Stiker itu nantinya menjadi tanda jika pemudik telah lolos dari pos pemeriksaan dan dinyatakan bebas dari virus Corona.

“Jadi pulang ke sini jangan membawa penyakit, Jakarta ini sudah paling rendah (angka penyebaran COVID) dan jangan ditambah lagi,” ujar Yusri.

Berikut lokasi pos yang disiapkan pihak Polda Metro Jaya untuk Sweb Antigen,diantaranya:

Tol Jakarta-Cikampek Km 34b arah Jakarta

Terminal: Ada 3 Lokasi

Terminal Kalideres
Terminal Pulogebang
Terminal Kampung Rambutan.

Sedangkan pos di Pelabuhan:

Tanjung Priok

Sedangkan Jalur Arteri:

Tangerang Kota: Jatiuwung Kebon Nanas dan Batuceper

Kabupaten Bekasi: Kedungwaringin

Depok: Jalan Raya Parung Ciputat Bojongsari dan Jalan Raya Bogor

Bekasi Kota: Tomang dan Sasak Jarang

Tangerang Selatan: Jalan Gatot Subroto-Bitung.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes.Pol.Yusri Yunus mengimbau masyarakat tidak main kucing-kucingan agar lolos dari pos pemeriksaan. Karena sejatinya, masyarakat yang masuk ke Jakarta harus dalam kondisi sehat dan terbebas dari virus Corona.

“Oleh sebab itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak kucing-kucingan. Langsung saja datang untuk diperiksa test antigen. Sudah pasti sehat baru masuk ke Jakarta,” kata Yusri.

Dalam kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan data terbaru menunjukkan ada 2.940 masyarakat yang diperiksa di 12 titik pemeriksaan. Dari jumlah tersebut, 6 orang diantaranya reaktif virus Corona dan telah dirujuk di rumah sakit setempat juga di Wisma Atlet.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes.Pol.Sambodo Purnomo Yogo

“Ya hasil evaluasi hari pertama kemarin dari jam 08.00 WIB pagi sampai 08.00 WIB pagi tadi berikutnya ada 2.940 warga masyarakat yang kita periksa di 12 titik pemeriksaan, 2.940 tersebut ada 6 orang yang positif dan langsung kita rujuk ada yang ke Wisma Atlet, ada yang dirujuk ke rumah sakit setempat yang telah ditunjuk oleh satgas COVID-19 daerah sesuai KTP nya masing-masing,” ujarnya.

Sambodo menjelaskan data per pukul 12.00 WIB, ada 313 masyarakat yang sudah menjalani rapid test di pos pemeriksaan Tol Japek ini. Hasilnya, semua dinyatakan nonreaktif.

“Kemudian hari ini dari pagi tadi sampai break pertama ishoma jam 12.00 WIB ada 313 warga masyarakat yang kita periksa alhamdulillah semua hasilnya negatif,” imbuhnya.(R.BAMBANG.SS)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60