Polri Sahabat PKL Menuju Negeri Adil Dan Makmur

  • Whatsapp

NTB-KANALPK

Dicanangkan oleh dr. Ali Mahsun ATMO, M.Biomed. Ketua Umum APKLI pada Pembukaan Rapimnas APKLI 2021, Sabtu, 11 Desember 2021 di Senggigi Lombok Barat NTB.

Marilah kita selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT., hanya atas kehendak dan ridho-Nya lah pada hari ini, Sabtu, 11 Desember 2021 di Bumi Selaparang Gunung Rinjani Lombok Barat NTB, keluarga besar APKLI, PKL, Pemerintah, TNI, POLRI, Pemuda dan Kekuatan Elemen Bangsa diberi kesempatan untuk bersilaturahmim. Tujuannya hanya satu, kita hanya ingin usaha dan ekonomi PKL maju, berkembang dan unggul di era digital. Kita hanya ingin rakyat dan bangsa ini ekonominya mampu untuk menghidupi keluarga dan mensekolahkan generasi bangsa.

Hari ini ingin saya tegaskan, negeri aman, negeri damai bukan hanya PKL namun seluruh rakyat dan bangsa ini akan hidup sejahtera secara berkeadilan. Seluruh rakyat dan komponen di negeri ini sangat merindukan adanya sebuah keamanan, kedamaian dan kesejahteraan. Apalagi hari ini hampir dua tahun negeri ini dilanda krisis kesehatan covid-19, yang terawal dan terburuk terdampak secara ekonomi adalah PKL dan pelaku ekonomi rakyat UMKM yang lain diseluruh tanah air. Hasil research ADP agustus 2020 sekitar 48.6% atau 32 juta UMKM yang didalamnya ada PKL mengalami sebuah kebangkrutan atau ambruk.

APKLI hari ini menyelenggarakan RAPIMNAS karena terpanggil Ibu Pertiwi.

Kami tidak ingin ekonomi rakyat terus menerus terpuruk. Kita harus percepat dan permasif turun gunung melakukan operasi gerilya untuk kebangkitan PKL, ekonomi rakyat dan bangsa ini pasca pandemi covid-19.

Untuk itulah hari ini diselenggarakan agenda konstitusional organisasi RAPIMNAS yang memiliki kewenangan tertinggi dibawah MUNAS dengan grandtema: “Negara Aman dan Damai, PKL Bahagia”.

“Di NTB ini Gubernur-nya kyai, Bang Zulkieflimansyah, Kapolda-nya santri, Bang Irjen Pol M. Iqbal, dan Sekjen APKLI Asli Lombok NTB hampir kyai, HK Lalu Winengan. Tema ini, Negara Aman dan Damai, PKL Bahagia, sebenarnya kita teringat kembali.

Negeri yang aman dan damai hanya bisa terwujud di atas sebuah kebersamaan, persatuan dan kesatuan antar warga bangsa yang beraneka ragam varian perbedaannya (Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa). Ini adalah penjelmaan dari sebuah misi besar umat manusia, negara aman dan damai atau ‘wahadzal baladil amiin’.

Oleh karena itu, kita harus menyatukan langkah, membangun kebersamaan antara APKLI, Pemerintah, TNI, Polri, Pemuda, serta Kekuatan Elemen Bangsa yang lain bersama, bersatu dan unggul menghantarkan PKL untuk maju, berkembang, dan hidupnya sejahtera secara berekeadilan.

Pada kesempatan ini pula, mohon kiranya Bang Zulkieflimansyah selaku Gubernur NTB berkenan menerima dengan ikhlas menjadi Bapak PKL di NTB.

Kalau sudah menjadi Bapak tentunya tatkala PKL menjerit dan menangis seorang bapak hukumnya wajib tidak bisa tidur. Mengupayakan supaya air mata anaknya bisa terusap dan akhirnya hidupnya bahagia kembali.

Dan untuk kesekian kalinya, saya minta, saya tidak ingin ada penggusuran PKL dengan dalih apapun diseluruh tanah air, khususnya di Provinsi NTB.

PKL punya hak yang sama dijamin oleh konstitusi untuk mendapatkan hak berekonomi, mendaptakan pekerjaan dan penghidupan yang layak, dan telah di atur dalam Perpres RI 125/2012 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL.

Lebih dari itu, saat ini ditengah pandemi covid-19 PKL banyak yang terpuruk, mohon diberi kesempatan berusaha.

Kalau ada lahan pemprov, pemkab atau pemko diseluruh NTB dan diseluruh tanah air, mohon para kepala daerah Gubernur, Bupati, Walikota terpanggil hatinya memberikan kesempatan untuk PKL berekonomi.

“Tanpa sebuah kepemimpinan, tanpa hati nurani pemimpin, jangan pernah bermimpi cita-cita besar UUD 195 adil dan makmur bisa tergapai di negeri ini. Adalah sebuah keberhasilan tersendiri, Gubernur dan Kapolda NTB menghantarkan negeri ini terkenal bukan hanya di asia pasifik bahkan di dunia dengan menyelenggarakan World Super Bike Mandalika dengan aman, serta pembebasan lahan mandalika tanpa darah”.

Pada kesempatan yang mulia ini, di Rapimnas APKLI Tahun 2021, saya mohon do’a, restu, ijin, ijazah dan dukungan kepada seluruh pemangku republik, dilandasi sebuah niat tulus dan ikhlas ingin mewujudkan tata kehidupan yang lebih baik, lebih sejahtera secara berkeadilan, ingin menghantarkan usaha dan ekonomi PKL maju berkembang dan unggul, serta ingin mewujudkan tata kehidupan yang aman, damai dan sentosa, di Bumi Selaparang Lombok NTB, hari ini, Sabtu 11 Desember 2021 selaku Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI), dengan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, Saya Canangkan: “POLISI SAHABAT PEDAGANG KAKI LIMA – PKL”.

Ini sangat penting, Polisi harus menjadi sahabat PKL, dan ini tahun 2017 sudah saya sampaikan kepada Komjen. Pol. Boy Rafli Amar (saat ini Kepala BNPT RI) yang mewakili Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (Saat ini Mendagri RI) pada pembukaan Munas V APKLI di Depok Jawa Barat.

Tatkala PKL sudah bersama Polisi, TNI, Pemerintah, Pemuda, dan Kekuatan Elemen Bangsa yang lain, insya-Allah Indonesia akan menjadi negara adil, makmur dan adidaya.

Untuk itu, kami mohon berkenan Kapolda NTB, Bang Irjen Pol M. Iqbal untuk menyampaikan Piagam Pencanan
gan Polri Sahabat PKL kepada Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Kami juga menyampaikan piagam ini ke Bang Irjen M. Iqal, Kapolda NTB yang telah memberikan suri tauladan atas kebersamaan di antara masyarakat dan kekuatan diseluruh NTB sehingga PKL bisa nyaman berjualan dan berdagang diseluruh NTB.

Piagam ini juga kami sampaikan secara khusus kepada Gubernur NTB sebagai “Pengingat Kepada Seluruh Para Kepala Daerah di Indonesia”.

Mohon maaf Bang Zulkifliemansyah, saya ini dokter ahli kekebalan tubuh, jadi kalau pejabat kalau tidak terus menerus diingatkan sama dengan vaksinasi cocid 19, kalau tidak dua kali, kalau tidak booster vaksin akan lupa.

Oleh karena itu, mohon piagam ini menjadi pengingat para Kepala Daerah Seluruh Indonesia (Gubernur, Bupati, Walikota) sebagai pelayan rakyat memberikan yang terbaik kepada PKL diseluruh tanah air.

Piagam Pencanangan Polisi Sahabat PKL melalui KAPOLDA NTB akan disampaikan kepada KAPOLRI, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Rapimnas APKLI Tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Kata Sambutan Kapolda NTB, Irjen Pol M. Iqbal.

Pada kesempatan yang sama Gubernur NTB di nobatkan sebagai Bapak PKL Nusa Tenggara Barat dan Kapolda NTB di anugerahi APKLI Award 2021.

Juga ada penyerahan santunan anak yatim piatu oleh Gubernur NTB, Kapolda NTB dan Kasrem 162/Wira Bakti Kolonel Inf Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos. M.M.

Disamping dihadiri DPP APKLI, serta Ketua dan Sekretaris DPW APKLI Provinsi se-Indonesia, juga dihadiri Bank Indonesia, Bank NTB Syariah, Kemendag RI, OKP Cipayung Plus, KNPI, serta DPD APKLI Kab/Kota Se-NTB dan diluar NTB, dan tamu undangan lainnya.dan tamu undangan lainnya.

(Burhanuddin/Red)

Related posts