Polri Siapkan109 Titik Pemeriksaan, Arus Balik

  • Whatsapp
banner 468x60
Kolantas Polri Irjen.Pol.Drs. Istiono, M.H. 

JAKARTA-KANALPK

Persiapan menghadapi arus balik mudik,pihak Kepolisian menyiapkan 109 titik pemeriksaan untuk mengantisipasi arus balik Lebaran dengan melakukan tes antigen secara acak bagi warga yang kembali ke Jabodetabek.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol Istiono mengatakan,””Polri bersama Satgas Covid-19 nasional dan daerah telah menyiapkan 109 titik ‘check point’. 26 di rest area dan gate tol, 83 di titik jalur arteri jalan nasional dari Jawa dan Sumatera menuju Jakarta dengan melaksanakan tes cepat antigen acak mulai hari ini,” ujar Irjen Pol Istiono kepada wartawan Sabtu (1505/2021) di Jakarta.

Irjen.Pol. Istiono menuturkan arus balik dari wilayah Sumatera menjadi fokus titik pemeriksaan karena kasus positif Covid-19 di wilayah tersebut mengalami kenaikan.

Warga yang kembali dari mudik di wilayah Sumatera wajib membawa surat bebas covid-19 berupa hasil tes antigen maupun PCR.

“Untuk wilayah Sumatera (Aceh sampai Lampung) merupakan wilayah atensi covid-19, oleh karenanya sebelum menyeberang harus dilengkapi surat bebas covid-19,” kata Irjen.Pol.Istiono.

Selain fokus pada pengaturan arus lalu lintas dan pencegahan covid-19 di masa arus balik, Istiono meminta seluruh jajarannya untuk cepat menghadapi dinamika di lapangan seperti kemacetan atau pengemudi yang berupaya menerobos penyekatan.

Lebih lanjut, Istiono juga berupaya mengalihkan arus lalu lintas untuk kendaraan bersumbu tiga ke jalur arteri mulai Sabtu siang ini.

“Untuk truk sumbu tiga ke atas yang melalui jalan tol perlu dilakukan diskresi kepolisian pengalihan truk sumbu tiga ke atas melalui jalur arteri atau non-tol mulai dari Semarang sampai Jakarta,” katanya.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono memperkirakan puncak arus balik Idulfitri atau Lebaran 2021 ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi akan terjadi pada Sabtu (15/5) dan Minggu (16/5).

Istiono memprediksi ada 1,5 juta pemudik yang kembali di wilayah Jabodetabek. Hal itu berdasarkan data 1,5 juta warga di Jabodetabek yang melakukan perjalanan versi Kementerian Perhubungan.

“Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabeknya, oleh karenanya kita antisipasi mobilisasi kendaraan roda empat dan roda dua di jalur tol dan arteri,” ucapnya.

Pihaknya akan mengalihkan truk-truk besar bersumbu tiga ke jalur arteri demi memperlancar arus balik. Pengalihan itu akan dilakukan mulai dari Semarang sampai Jakarta.(R.BAMBANG.SS)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60