R.Bambang.SS: “Makna Hari Pahlawan Bagi Generasi Muda Indonesia”

  • Whatsapp
banner 468x60

KEPRI-KANALPK

Setiap tanggal 10 November masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Sebagian orang sudah tahu sejarah dan makna dibalik Hari Pahlawan nasional, akan tetapi tidak sedikit generasi muda yang masih belum mengetahui tentang sejarah dan makna dibalik Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan memperingati peperangan besar yang terjadi pada tanggal yang sama di tahun 1945 di Surabaya, Jawa Timur melawan penjajah Netherlands-Indies Civil Administration (NICA) dan sekutu, yang diperkirakan telah menewaskan 160 ribu pejuang.

Pertempuran antara pejuang nasional dan NICA sebenarnya sudah dimulai pada tanggal 19 September 1945, tepatnya di hotel Oranye, yang saat ini menjadi hotel Majapahit. Perang ini dipicu ketika hotel Oranye saat itu masih memasang bendera Belanda yaitu bendera berwarna Merah-Putih-Biru. Ketika para pejuang nasional datang ke hotel Oranye dan menyuruh pihak Belanda untuk menurunkan bendera tersebut, pihak Belanda bereaksi dengan sikap kurang baik dan tidak menanggapi permintaan tersebut.

R.Bambang.SS mengungkapkan,”Karena tidak ada sikap baik dari pihak Belanda, akhirnya Jenderal Sudirman datang ke hotel Oranye tapi pihak Belanda tetap tidak mau menurunkan bendera tersebut. Akhirnya massa berhasil memisahkan bagian yang berwarna biru dan menyisakan warna merah putih saja. Tetap saja Pihak Belanda tidak menerima sikap para pejuang dan tidak mengakui kemerdekaan rakyat Indonesia,”papar R.Bambang.SS yang juga sebagai Ketua Umum CIC kepada wartawan Senin (9/11/2021)di Yg.Balai Karimun.

Selanjutnya Bambang memaparkan, pihak Belanda atau NICA mengajak para sekutu untuk melancarkan agresi militer di Surabaya. Tanggal 30 Oktober 1945, perlawanan Belanda semakin besar hingga K.H. Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama atau NU mengeluarkan perintah jihad. Hasilnya, pimpinan tentara sekutu Inggris yang bernama Jenderal AWS Mallaby tewas di Jembatan Merah, Surabaya. Setelah perang tersebut, kota Surabaya dikepung dan diserang dari berbagai arah mulai dari laut, darat hingga udara.

R.Bambang.SS menambahkan,”Tentara Inggris yang memperkirakan hanya butuh waktu 3 hari untuk menaklukan kota Surabaya, ternyata membutuhkan 3 minggu. Hal ini membuktikan kuatnya perlawanan rakyat dan pejuang nasional Indonesia. Belasan ribu pejuang meninggal dan 200 ribuan warga mengungsi akibat perang ini. Peristiwa besar ini membuat tanggal 10 November 1945 ditetapkan sebagai Hari Pahlawan,”ungkapnya

Bambang mengajak anak bangsa,agar mengerti akan makna Hari Pahlawan untuk Anak Muda Indonesia.Makna Hari Pahlawan bagi anak muda bangsa Indonesia yaitu dengan tetap mengobarkan semangat perjuangan di bidang yang digeluti.

Tetap bawa semangat memperjuangkan bangsa Indonesia dengan cara Anda sendiri, jika Anda suka bernyanyi maka jadi penyanyi yang terbaik, jika Anda suka bermain sepak bola maka jadilah atlit sepak bola yang membanggakan Indonesia. Kobaran semangat para pejuang nasional harus terus dibawa untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Itulah sekilas sejarah dan makna Hari Pahlawan bagi generasi muda Indonesia.

Tetap kejar mimpi dan cita-cita Anda karena hidup yang bermakna adalah hidup yang diperjuangkan. (Mulyadi/Joni)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60