Sosok Komjen.Pol.Agus Adrianto.SH.MH Yang Tegas Dalam Tugas

  • Whatsapp

JAKARTA-KANALPK

Siapa yang tidak mengenal sosok Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. lahir 16 Februari 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 18 Februari 2021 menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Agus, lulusan Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang reserse.

Berikut Profil Komjen Pol Agus Andrianto yang dipilih Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Sebelum menjabat sebagai Kabareskrim, Komjen Pol Agus Andrianto menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Sosok Komjen Pol Agus Andrianto juga memiliki rekam jejak menangani penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok beberapa tahun lalu.

Saat itu dirinya berpangkat Brigjen Polisi dan menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri pada 2016.

Saat menjabat Kabaharkam, Komjen Agus Andrianto diketahui menandatangani Telegram Nomor ST/183/II/Ops.2./2021 yang berisi tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

Komjen.Pol.Agus Adrianto.SH.MH dalam jenjang pendidikan dipolri diantaranya,Akabri pada (1989),dan PTIK (1995), Sespim serta Sespimti pada(2012).

Sedangkan jenjang karir di kepolisian,
Pamapta Polres Dairi pada (1990), Kapolsek
Sumbul (1992) Kapolsek Parapat (1993),Kapolsek Percut Seituan (1995) Mahasiswa PTIK (1995),Kapuskodalops Polres Lampung Selatan (1997),Vpernah Kasat Serse
Poltabes Medan (1999),dia juga menjabat sebagai
Kasubag Binops Bag Serse Ek Polda Jatim (2001),Kasubag Binops Bag Serse Um Polda Jatim (2001) Wakapolres KP3 Tanjungperak (2003)
Pamen Polda Jatim (2005) Kasat I/Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya (2006).


Kapolres Tangerang (2007) Kapolres Metro Tangerang (2008) Dir Reskrim Polda Sumut (2009)
Kabagresmob Robinops Bareskrim Polri (2011)
Analis Kebijakan Madya bidang Pidkor Bareskrim Polri (Dlm Rangka Dik Sespimti)
Kabagbinlatops Robinops Sops Polri (2013) Dir Psikotro pika dan Prekursor Deputi Bid Pemberantasan BNN (2015) Wakapolda Sumut (2017) Kapolda Sumut (2018) Kabaharkam Polri (2019) dan kini menjabat sebagai Kabareskrim Polri (2021).

Dalam kepiawaiannya menjalankan tugas,sosok Komjen.Pol.Agus Adrianto juga banyak mendapatkan penghargaan atas kinerjanya,

diantaranya penghargaan yang diperolehnya,Tanda Jasa Sunting Bintang Bhayangkara Pratama Bintang Bhayangkara Nararya SL. Pengabdian XXIV
SL. Pengabdian XVI SL. Pengabdian VIII
SL. Jana Utama SL. Ksatria Bhayangkara SL. Karya Bhakti SL. Bhakti Pendidikan
SL. GOM VII.SL. GOM IX SL. Seroja. SL. Dharma Nusa SL. Bhakti Nusa SL. Operasi Kepolisian SL. Kebaktian Sosial France Medal Brevet Sunting
Brevet Pelopor Brimob Brevet Selam Polri Brevet Para PenerjunBrevet Penyidik.

Karena badan yang bertanggung jawab atas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat ini merupakan salah satu satuan kerja di tubuh Polri yang banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ketika Polri ingin menampilkan kesan yang lebih persuasif dan humanis, maka para Polwan-lah yang berada di garis depan untuk menyentuh masyarakat langsung dari hati ke hati.

Hal itu, agar kedepannya tak ada lagi kesan dari masyarakat kalau hukum seakan tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

Yang jelas masyarakat berharap besar,dimana Kabareskrim Polri tolong betul-betul dikawal bagaimana mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Karena di masyarakat masih didapati suasana kebatinan yang merasakan bahwa hukum itu tajam hanya ke bawah tapi tumpul ke atas.

(R.BAMBANG.SS)

Related posts