Sosok R.Bambang.SS Pemimpin Yang Amanah, Bukan Pemimpin Menebar Janji

  • Whatsapp
banner 468x60

ASAHAN-KANALPK

Dalam kurun waktu yang sudah sangat dekat, masyarakat Asahan akan kembali melaksanakan pemilihan pemimpin Daerah (PILKADA) baik pada tingkat Provinsi maupun Kab/Kota untuk periode 5 tahun mendatang.

Tentunya menjadi harapan kita bersama, bahwa siapapun yang terpilih adalah orang yang benar-benar amanah dan memiliki jiwa sebagai negarawan dan ia bukan sekedar politisi.

Karena jelas ada perbedaan antara negarawan dan politisi. Sebagaimana dikemukakan oleh James Freeman Clarke (1810-1888), penulis dan pakar teologi asal Amerika.

Sosok yang diharapkan masyarakat Asahan sebagai pemimpin atau Bupati Asahan di 2024 mendatang adalah sosok seorang pemimpin yang tegas,bijaksana serta pro terhadap masyarakat Kabupaten Asahan.

Adapun sosok yang sudah tidak diragukan kepiawaiannya dalam bermasyarakat,tidak lain R.Bambang.SS yang juga seorang politisi handal dan seorang sosok pemimpin di berbagai organisasi di pusat,diantaranya Ketua Umum CIC.

Sosok R.Bambang.SS dinilai masyarakat Asahan sangat layak memimpin Kabupaten Asahan 2024 mendatang.

Menurut H.Junaidi salah satu tokoh di Asahan mengatakan,”bahwa seorang negarawan itu lebih berpikir tentang bagaimana nasib generasi mendatang, sementara politisi hanya berpikir bagaimana memenangkan pemilu yang akan datang,”tutur Junaidi kepada wartawan Sabtu (21/11/2021) di Asahan.

Di atas itu semua, hal yang sesungguhnya paling penting adalah semoga pemilu demi pemilu, pilkada demi pilkada yang telah dan akan selalu kita laksanakan, jangan sampai menjadi pemicu perpecahan dan rusaknya tatanan persatuan dan persaudaraan di tengah-tengah masyarakat.

Junaidi memaparkan,”Islam menganjurkan kita untuk berpikir tentang pentingnya jam’iyah (kebersamaan/persatuan) ketimbang hanya memikirkan kepentingan jama’ah (kelompok) saja,”katanya.

Hari ini kita begitu sulit menemukan orang-orang yang memiliki jiwa kenegaraan, ada pendapat yang mengatakan mungkin karena usia dunia kita yang semakin menua, sehingga seolah-olah tak kuasa lagi melahirkan pemimpin-pemimpin besar (great leader) dan berintegritas seperti pada masa-masa silam.

Namun kehadiran sosok R.Bambang.
SS, Ada beberapa sikap dalam dirinya, seorang pemimpin ideal dalam khazanah Islam, pertama sosok R.Bambang.SS memiliki jiwa pemimpin dan sebagai Pelayan Masyarakat,kedua Mimiliki Sifat Makinun, Aminun, Hafizhun, dan ‘Alimun.

Ia mengungkapkan,
“Sosok R.Bambang.SS memiliki,Pertama, makinun, yaitu memiliki kedudukan. Sehingga beliau dihormati, beliau dapat melaksanakan tugasnya tanpa ada yang menghalangi. Kedua, aminun, yaitu amanah. Memiliki rasa takut kepada Allah sehingga tidak mungkin mengkianati rakyatnya. Ketiga, hafidhun, artinya mampu menjaga. Memiliki ketelitian, bukan orang yang teledor dan bukan orang yang menggampangkan masalah. Dan keempat, ‘alim, yaitu memiliki ilmu. Paham bagaimana cara mengatur pemerintahan dengan benar, mengetahui skala prioritas bagi negaranya, dan sebagainya,”ungkapnya.

Sebagai rakyat kita sering menuntut para pemimpin atau pejabat pemerintah agar menjadi pemimpin yang amanah, harus jujur, bijak dan adil, membela kepentingan rakyat, bertaqwa dan berbagai tuntutan lainnya. Namun pernahkah kita berfikir sebaliknya, menuntut diri kita sendiri sebagai rakyat, jika kita menerapkan sistim keseimbangan pada saat kita menuntut pemimpin harus baik, kita juga menuntut rakyat untuk menjadi baik juga.

Junaidi menegaskan,”Saya yakin,ketika masyarakat memperbaiki dirinya, istiqamah menjalankan kebaikan, Allah Swt. akan memperbaiki mereka dengan cara Allah teguhkan para pemimpin yang memperhatikan kepentingan mereka, sebagai ganjaran atas kebaikan yang mereka lakukan,”ucap Junaidi sang tokoh agama ini.

Hal ini berarti bahwa sosok R.Bambang.SS memiliki kebijakan sebagai seorang pemimpin yang benar-benar pro rakyat, bertujuan untuk kemajuan dan kemakmuran rakyat. Hal ini juga berarti pemimpin harus benar-benar peduli terhadap hal-hal yang bisa merusak masyarakat, baik secara aqidah, akhlak, ekonomi, sosial, dan sisi-sisi lainnya di Kabupaten Asahan mendatang.

Semoga apa yang diharapkan masyarakat Asahan mendatang dapat terwujud dengan kehadiran sang pemimpin yang Arif,dia adalah R.Bambang.SS.

(Jupiter S/Burhanuddin)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60