Tegas Sikat Anak Buah Pungli,Sosok Dirlantas PMJ Disegani

JAKARTA-KANALPK

Kombes.Pol.Sambodo Purnomo Yogo Dirlantas Polda Metro Jaya yang menegakan kebenaran di wilayah hukum se- Jabodetabek siapa yang tak kenal dengan kepiawaian Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya,yang terkenal tegas dan rela meminta maaf langsung kepada masyarakat jika ada anak buahnya membuat malu institusi kepolisian.

Sosok Kombes Pol.Sambodo idak segan, memberikan tindakan tegas kepada anak buahnya bila terbukti berbuat kesalahan, hal itu terlihat dari oknum polisi yang melakukan pungutan liar (pungli) dijalan, polantas gunakan mobil dinas PJR untuk pacaran dan polisi banyak gaya dilapangan.

Sebagai ganti tilang, dia meminta sekarung bawang yang dibawa oleh sang sopir.

Ini bukan pertama kali, Polantas bertingkah tak terpuji. Kemudian oknum polisi di Tangerang disebut-sebut menggoda perempuan pelanggar lalu lintas melalui pesan WhatsApp.

Kasus ini viral di Twitter. Sosok oknum polisi yang diduga menggoda perempuan pelanggar lalu lintas ini pun terungkap adalah Aipda FA dan akhirnya dinonaktifkan.

Selanjutnya dari hasil pemantauan www.kanalpk.com, Bripda Arjuna Bagas Setiawan dicopot dari jabatannya buntut viralnya dia memakai mobil dinas Patroli Jalan Raya (PJR) untuk pacaran. Polantas tersebut juga ditindak tegas oleh Propam. Dia ditahan hingga dicopot atas pelanggaran tersebut.

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan,
‘Bahwa dirinya terus menanamkan filosofi lalu lintas atau Polantas kepada jajarannya. Yaitu peran Polisi sebagai pengayom dan penolong masyarakat. ”Jadi polisi itu jangan buat takut masyarakat, tapi mengayomi mereka,”tutur Dirlantas Polda Metro Jaya kepada awak media Senin (17/1/2022) di Jakarta kemarin.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol.Sambodo Purnomo Yogo memahami, bahwa tidak ada satu pun orang yang senang ditilang dan makin banyak Polisi menilang akan semakin banyak masyarakat yang tidak suka dengan Polantas. Untuk itu, ia mengintruksikan kepada jajaranya mengedepankan perannya sebagai pengayom masyarakat.

Sosok Alumnus Akpol 1995 ini sudah lama berkarir di bidang lalu lintas. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Binmas Baharkam Polri. Namanya melejit setelah terjun langsung memimpin pelarangan mudik lebaran tahun 2020.

Yang jelas sosok Kombes Pol.Sambodo Purnomo Yogo Dirlantas Polda Metro Jaya ini sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya mengemban tugas dilapangan,bahkan menegakkan aturan pemerintah yang kala itu, Indonesia masih dalam keadaan darurat awal-awal pandemi Covid-19 berkecamuk.Di bawah kepemimpinannya, Ditlantas Polda Metro Jaya cukup berhasil mencegah pemudik, dan mengamankan lebih dari 200 unit kendaraan travel gelap yang mengangkut penumpang secara ilegal,Bravo Komandan.

(R.BAMBANG.SS)

Related posts