Terbongkar,AKP Stepanus Terima Rp10,4 Miliar ,Wakil DPR RI Azis Syamsudin Diduga Terlibat Memberi Uang

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA-KANALPK

Dalam perjalanan AKP Stepanus sebagai penyidik di Komisi Pemberanrasan Korupsi (KPK),ternyata didak menjalankan tugas sebagai seorang penegak hukum yang tidak patut ditiru.

Terbongkarnya sisi buruk AKP Stepanus Robin Pattuju, tersangka kasus penanganan perkara Wali Kota Tanjungbalai tahun 2020-2021, yang juga mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), telah rampung menjalani sidang pelanggaran kode etik.

Sidang putusan pelanggaran kode etik terhadap Stepanus Robin itu digelar di kantor Dewan Pengawas (Dewas) KPK di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi atau Anti-Corruption Learning Center (ACLC) KPK.

Sidang tersebut dipimpin oleh Ketua Dewan Pengawas KPK, Tumpak H Panggabean, yang didampingi oleh anggota Dewas KPK, Albertina Ho dan Syamsuddin Haris.

Dalam sidang putusan pelanggaran kode etik itu, AKP Stepanus dinyatakan menerima uang yang totalnya senilai Rp10,4 miliar selama menjadi penyidik di lembaga antirasuah itu.

Jumlah uang yang diterima AKP Pol.Stepanus, sebanyak Rp 8,8 miliar di antaranya dialirkan kepada seorang pengacara bernama Maskur Husain.

Berikut ini kelima orang yang disebut sebagai pemberi uang kepada AKP Stepanus Robin Pattuju,diantaranya.

  1. Wali Kota Tanjung Balai yang kini telah menjadi tersangka.

Dalam perkara Syahrial, Stepanus disebut menerima uang transfer sebesar Rp 1,240 miliar dan diberikan kepada Maskur sebesar Rp 950 juta.

Selain itu, Stepanus menerima uang tunai dari Syahrial sebesar Rp 210.000.000 yang seluruhnya diberikan kepada Maskur.

“Terperiksa telah menikmati hasil dari perbuatannya berupa uang kurang lebih sejumlah Rp 1.697.500.000,” ucap Albertina.

  1. Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin yang kini belum diproses oleh pihak KPK.

Tidak hanya menerima uang dari Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial, Stepanus juga menerima uang dari empat orang yang berkaitan dengan perkara di KPK, salah satunya Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

Albertina mengatakan, dalam perkara di Lampung Tengah yang terkait dengan kader Partai Golkar, Aliza Gunado, Stepanus menerima uang dari Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sejumlah Rp 3,15 miliar.

Dari uang tersebut, Stepanus memberikan sebesar Rp 2,55 miliar kepada seorang pengacara bernama Maskur Husain.

Namun, hal tersebut dibantah Azis yang menyatakan tidak pernah memberikan uang kepada Stepanus,”biasa maling mana ngaku”.

3.Eks Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari yang kini sudah menjadi terpidana korupsi.

Stepanus juga menerima uang dari bekas Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari terkait dengan peninjauan kembali perkaranya.

Stepanus menerima uang secara bertahap sejumlah Rp 5,1 miliar.

Sementara itu, usai persidangan, Stepanus menyatakan menerima putusan dan siap bertanggung jawab pada apa yang sudah dilakukannya.

Stepanus juga meminta maaaf kepada KPK dan institusi asalnya Polri.

Dari kasus AKP Stepanus,diharapkan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi segera melakukan tindakan tegas terhadap Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin,karena telah bersekongkol melawan hukum.

Bernyalikah KPK menyidik orang nomor dua di DPR RI yang katanya “Wakil Rakyat” ini,kita lihat saja.(R.Bambang.SS)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60