Tiga Satuan TNI Serang Markas KKB

  • Whatsapp
banner 468x60
Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Lekagak Telenggen, Lesmin Waker ditembak mati aparat, .

JAKARTA-KANALPK

Tiga pasukan satuan TNI yang masuk dalam tim gabungan dengan kepolisian saat menyerbu markas kelompok kriminal bersenjata (KKB). Salah satunya yakni Satas Nanggala yang merupakan pasukan elite dari satuan Kopassus.

Pasukan tersebut adalah Satgas Nanggala Kopassus, Yonif Raider 500/Sikatan Kodam V/Brawiijaya dan Satgas Pinang Sirih (Cakra) Kostrad.

Pasukan TNI dan pasukan gabungan dari kepolisian menyerang anggota KKB di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Kamis (13/5/2021) lalu.

Pasukan menyusuri lokasi, tepatnya berada di Kampung Waloni.

Tempat tersebut diduga sebagai salah satu persembunyian KKB. Dalam penyerangan itu terjadi kontak tembak hingga akhirnya menewaskan salah satu pentolan kelompok teroris, Lesmin Waker.

Satuan Tugas Nanggala adalah sebutan tim kecil intelijen tempur Kopassus yang dibentuk sejak Danjen Kopassus dipimpin Yogie Soewardi Memed yang kala itu berpangkat brigjen.

Personel tim ini merupakan prajurit pilihan dari korps baret merah yang selain mempunyai kemampuan mumpuni, mereka juga ahli di intelijen tempur.

Tim ini memiliki kemampuan khusus di atas rata-rata prajurit TNI. Mereka dapat bergerak lebih cepat, mampu menguasai medan, memiliki kemampuan survival dan andal pertempuran jarak dekat serta pengintaian.

Sementara,Yonif Raider 500/Sikatan merupakan pasukan elite TNI dari Kodam V/Brawijaya. Mereka terdiri atas Kompi Markas, Kompi Senapan A, B, C, Kompi Bantuan, Tim K-9, dan Tim Gultor yang bermarkas di Jalan Gadjah Mada, Surabaya.

Pasukan ini disebut memiliki kemampuan dan kekuatan tiga kali lipat prajurit TNI biasa di matra angkatan darat. Mereka dilatih untuk melakukan penyergapan, termasuk gerilya dengan mobilitas tinggi dan pertempuran panjang.

Keahlian pasukan ini, mereka dapatkan setelah mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Kopassus) di Batujajar.

Disisi lain ada pasukan Satuan Cakra,dimana pasukan Cakra
adalah salah satu satuan tempur yang dimiliki Kostrad TNI AD dan selalu siap untuk beroperasi atas perintah Panglima TNI.

Satuan ini juga memiliki kemampuan di atas rata-rata prajurit infanteri biasa. Satuan ini pun sama halnya dengan Satgas Nanggala yang bergerak cepat dan senyap.

Dari hasil penindakan di Kampung Tagalowa itu, TN berhasil menguasai camp. Dari lokasi, aparat berhasil mengamankan sejumlah alat bukti berupa tiga bendera bintang kejora, satu buku cetak Menuju Papua Baru karangan Benny Giay, empat kapak, tiga linggis, empat parang, satu palu, 46 anak panah dan satu busur.

Lesmin Waker diketahui merupakan Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Lekagak Telenggen. Lesmin Waker ditembak mati pasukan gabungan TNI di antaranya Kopassus, Kostrad, dan Yonif Raider, dalam kontak tembak di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua,

Satuan ini juga memiliki kemampuan di atas rata-rata prajurit infanteri biasa. Satuan ini pun sama halnya dengan Satgas Nanggala yang bergerak cepat dan senyap(R.Bambang.SS)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60