Warga Yang Lolos Mudik,Akan Didatangi Pihak Polisi

  • Whatsapp
banner 468x60
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol.Yusri Yunus

JAKARTA-KANALPK

Saat mudik Lebaran, biasanya masyarakat akan bersilaturahmi dan mengunjungi keluarga atau kerabat.

Pihak Polda Metro Jaya memerintahkan petugas kepolisian untuk mendatangi rumah warga yang lolos pulang ke kampung halaman saat operasi pelarangan mudik lebaran 2021.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menyampaikan kedatangan pihak kepolisian dimaksudkan untuk meminta surat bebas Covid-19 pasca mudik lebaran 2021.

Kombes.Pol.Yusri Yunus mengatakan,””Kalau sudah pulang mereka, kita datangi rumah mereka untuk swab yang belum. Ini upaya. Kalau positif? Kita isolasi mereka sesuai mekanisme aturan. Kemungkinan kita bawa ke rumah sakit,” kata Yusri , Sabtu (15/5/2021) kemarin kepada wartawan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol.Yusri Yunus mengungkapkan,pihaknya sudah mendata para warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang ketahuan lolos mudik lebaran 2021.

Agar warga yang lolos mudik segera melengkapi surat bebas Covid-19 sebelum masuk kembali ke Jakarta.

Kombes Pol.Yusri Yunus menjelaskan,””Ini merupakan cara bagaimana menekan penyebaran Covid-19 pasca mudik ini. Di masing-masing RT/RW dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan Kapolsek sudah mendata mana warganya yang mudik. Ini sudah masuk pelan pelan,” imbuhnya.

Kebijakan ini merupakan opsi alternatif yang bakal dilakukan pihak kepolisian.

Jika pemudik kooperatif untuk menunjukkan surat bebas Covid-19 di posko penyekatan, maka kebijakan tersebut tidak lagi perlu dilakukan oleh pihak kepolisian.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya kembali membentuk posko penyekatan untuk antisipasi arus balik mudik lebaran 2021. Total, setidaknya 4 titik yang menjadi fokus pengamanan arus balik mudik lebaran.

“Ini opsi kedua bagaimana menekan penyebaran Covid-19 pasca mudik ini,” pungkasnya.

Nantinya, lanjut Yusri, seluruh kendaraan yang melintas diminta berhenti untuk menunjukkan kelengkapan surat bebas Covid-19 tersebut.

“Pokoknya semuanya diberhentikan, semua dicek. Bawa surat atau tidak. Kalau bawa surat masuk. Makanya jangan memperlambat semuanya. Jangan sampai terjadi penyebaran Covid-19. Udah pengalaman kita tahun lalu,” tegas Kombes Pol.Yusri Yunus.(Mulyadi/Burhanuddin)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60